Wednesday, December 18, 2013

Penutupan Proyek Modernisasi Jaringan XL


Pagi tadi --16 Desember 2013-- saya menghadiri acara yang diadakan sebuah operator seluler GSM. Sudah tahu kan? udah saya tulis di judul postingan ini. Yup! acara yang diadakan XL regional jateng DIY ini adalah acara penutupan proyek modernisasi jaringan. Jadi, proyeknya sudah selesai dan acara ini bisa dikatakan sebagai syukuran.

Modernisasi yang dimaksud adalah penggantian perangkat lama dengan perangkat baru yang lebih modern. Apa sih yang membedakannya dengan perangkat lama? Berdasarkan selebaran yang dibagikan :) dan juga penjelasan Bapak Agus Simorangkir --Vice President Project Management Officer XL-- bahwa pada perangkat yang baru, menggunakan teknologi 'Single RAN', teknologi yang menggabungkan beberapa perangkat RBS menjadi satu. Keuntungan dari teknologi ini adalah lebih efisien dalam hal pemakaian energi atau hemat energi sampai 70%. Selain itu, perangkat semakin ringkas, sehingga lebih efisien dalam penggunaan ruang, dan lebih mudah pengoperasiannya. Oya, proyek modernisasi XL ini sudah berlangsung sejak tahun 2011.

 "Untuk regional Jawa Tengah dan DIY, proyek modernisasi dimulai sejak April 2013. Dimulai dari Solo, kemudian berlanjut ke seluruh kabupaten dan kecamatan yang ada di kedua propinsi. Secara lebih spesifik, proses modernisasi jaringan yang dilakukan XL berupa perbaikan desain, penggantian perangkat, penalaan dan optimasi jaringan". Demikian yang dikatakan Bapak Agus Simorangkir dalam rilis persnya. Bapak Agus juga mengatakan bahwa sebagai operator telekomunikasi terkemuka di Indonesia, XL akan terus beradaptasi dengan teknologi yang semakin maju dan berkembang saat ini, dan modernisasi jaringan adalah langkah strategis yang dilakukan XL untuk terus menjadi yang terdepan dalam layanan telekomunikasi, terutama layanan data.

Bis yang membawa peserta keliling
Suasana di dalam bis
Acara yang berlangsung di Hotel Gumaya Semarang ini diawali dengan uji jaringan (drive test) pasca modernisasi. Dengan dipandu oleh team network XL, peserta naik bis yang telah disiapkan melintasi titik-titik penting kota Semarang. Dari Hotel Gumaya, bis yang membawa peserta dari blogger dan wartawan --dipisah sesuai profesi-- menuju Simpang Lima, kemudian belok kiri menyusuri jalan Ahmad Yani, belok kiri lagi menyusuri jalan MT Haryono. Sepanjang perjalanan, team network XL menjelaskan secara teknis tentang jaringan, coverage, dll. Diisi juga dengan sesi tanya jawab selama dalam perjalanan. Setelah melewati Bubakan, bis bergerak ke arah kota lama, memutari kota lama, kemudian ke arah jalan pemuda. Sampai Tugu Muda, bis berbelok ke kiri ke arah jalan Pandanaran, Simpang Lima lagi, jalan Pahlawan, jalan Veteran, jalan Kyai Saleh. Setelah itu langsung kembali ke Hotel Gumaya. Kesimpulan setelah test drive apa? Menurut team network XL, berdasarkan data yang ditampilkan di monitor yang dipajang di depan bis selama perjalanan, jaringan XL walaupun titik spotnya lebih sedikit dari salah satu operator lain --yang menjadi pembanding dalam uji coba-- tetapi lebih stabil jaringannya.

Sambutan Pak Agus Simorangkir
 Setelah semua peserta berkumpul di North Ballroom Hotel Gumaya, acara dilanjut dengan pembagian doorprize, kemudian sambutan bapak Agus Simorangkir. Di sesi tanya jawab setelah sambutan Bapak Agus, ada seorang peserta yang bertanya "Apa manfaat lain --selain yang disebutkan di atas-- dari modernisasi jaringan ini?" Dengan mantap bapak Agus menjawab "Coverage jaringan semakin luas dan jaringan lebih stabil".
Pemotongan tumpeng
Pemberian bantuan ke Panti Asuhan
Seperti kebiasaan atau adat istiadat di sini (Jawa), pada acara Penutupan Modernisasi Jaringan XL juga diisi dengan pemotongan tumpeng oleh bapak Agus Simorangkir. Tidak lupa pula pemberian bantuan ke anak-anak Panti Asuhan, sebagai wujud kepedulian sosial XL. Acara diakhiri dengan makan-makan.... *ini yang ditunggu-tunggu*
Setiap peserta yang datang juga mendapatkan merchandise berupa powebank dan flashdisk. Lumayan, tidak perlu beli powerbank baru :))

0 comments:

Post a Comment