Sunday, June 9, 2013

Loenpia Keep Semarang Heritage

di dalam gedung marabunta

Hari ini, minggu 9 juni, loenpia.net mengadakan acara yang bertema "Loenpia Keep Semarang Heritage", acara yang di dukung telkomsel ini sedianya diadakan minggu lalu, tetapi karena jadwalnya sangat mepet dan persiapan masih kurang, acaranya diundur hari ini.

Bertempat di Marabunta, sekitar jam 9 pagi acara dimulai. Diawali dengan presentasi Bapak Sukawi, dosen arsitektur Undip, memaparkan tentang sejarah kota lama, perkembangannya sampai saat ini, sampai masalah yang dihadapi kota lama dalam rangka menjaga dan melestarikan warisan bersejarah yang berupa gedung-gedung tua. Masalah yang dihadapi diantaranya rob dan banjir, kedua masalah ini yang kalau tidak dicarikan solusi bisa merusak gedung-gedung tua. Gedung marabunta yang sekarang dijadikan tempat acara, hanyalah relokasi dari gedung yang sebenarnya, yang letaknya persis disebelahnya.

gedung marabunta

Setelah acara presentasi tentang kota lama selesai, acara dilanjut dengan jalan bersama-sama menyusuri kota lama. Diawali dengan jalan menuju taman Sri Gunting. Jalan-jalan kali ini bukan jalan-jalan biasa, karena akan ada hadiah untuk mereka yang bisa menjawab clue yang diberikan panitia, jawabannya berupa twitpic yang dimention ke @loenpia dan mencantumkan hastag #18Lebih dan #SMGHeritage. Selanjutnya, seluruh peserta jalan menuju pos kedua di taman De Hock, di pos kedua ini disebut juga pos Treasure Hunt. Panitia menyembunyikan kertas-kertas yang bertuliskan telkomsel dan ada yang bergambar logo acara. Tugas peserta adalah mencari kertas-kertas ini, yang berhasil menemukannya berhak atas hadiah yang telah disediakan panitia, tapi sebelumnya harus twitpic kertas tersebut di atas ke @loenpia sebagai bukti telah menemukan.



Selesai Treasure Hunt, peserta berjalan lagi menuju pos terakhir yang terletak di polder tawang. Di pos ini, panitia memberikan clue lagi untuk lomba twitpic. Di tempat sekitar 10 menitan. Banyak peserta yang foto-foto, baik foto narsis maupun foto yang meng-explore polder tawang. Penulis sendiri juga mengambil foto-foto di polder tawang ini.

polder tawang

Sepuluh menitan berlalu, seluruh peserta kembali ke gedung marabunta untuk penutupan acara dan pembagian hadiah. Berjalan sekitar 5 menitan dari polder tawang, di gedung marabunta, panitia sudah menyediakan makan siang untuk disantap seluruh peserta. Sembari menikmati makanan, panitia membagikan hadiah untuk masing-masing lomba. Acara ditutup dengan foto bersama.

Semoga dengan adanya acara seperti ini, bisa lebih membuka wawasan kita untuk lebih mengenal sejarah dan ikut melestarikannya, walaupun itu hanya dalam sebuah tulisan di blog.

foto-foto lain bisa dilihat disini

4 comments:

Post a Comment