Sunday, May 26, 2013

Meramaikan Acara ABFI di kota Solo



Bukan karena terinspirasi kota solo aku berkendara sendirian menuju kota ini. Jadi punya kepanjangan kata solo, yaitu so alone. Saya datang ke kota ini bulan untuk menyendiri, saya datang untuk berkumpul dengan community, ASEAN Blogger Festival Indonesia namanya. Ingin ikut meramaikan acaranya, kemudian membawa pulang semangatnya.

Sempat tersesat karena mbah google maps ternyata tidak menunjukkan tempat yang akurat. Harusnya Sahid Kusuma Prince Hotel, tempat berlangsungnya acara, itu terletak di jalan Sugiyopranoto, tetapi di google maps tercatat di jalan kapten mulyadi. Akibat fanatik dengan mbah google. Lain kali tidak lagi deh.




Acara pertama ASEAN Blogger Festival Indonesia yaitu dinner dengan walikota surakarta, Bapak FX Hadi Rudyatmo, di rumah dinas beliau. Saya dan rekan-rekan lain yang mendapat tempat menginap di hotel sahid jaya, dengan diantar bus, sekitar jam 8 sudah siap untuk menghabiskan hidangan dinner #eh. Sebelum acara inti, makan-makan :) ,ada beberapa sambutan, salah satunya tentu walikota surakarta, bapak Rudyatmo, selaku tuan rumah. Ada juga tarian sambutan, dan juga penandatanganan kerjasama antara pemerintah kota surakarta dengan telkom Indonesia. Sekitar jam sepuluh acara sudah selesai, makanan sajian sudah habis, sudah kenyang juga :)



Hari kedua, hari jum'at, acara diisi total dengan seminar. Sesi pertama ada tiga pembicara yang tampil. Sebelum seluruh pembicara tampil, Pak Amril mengawali acara untuk memberikan sambutan sebagai panitia acara ASEAN Blogger Festival Indonesia. Beliau sebenarnya ingin memutar sebuah video, tetapi ternyata tidak ada suaranya. Selanjutnya sambutan pak @hazpohan dari kementerian luar negeri untuk ASEAN, menyampaikan tentang community ASEAN, mulai dari digagas sampai planning ASEAN Community 2015. Langsung dilanjut dengan pembicara kedua yaitu Bapak  Suprawoto dari kementerian kominfo, menyampaikan pidatonya tentang perkembangan telekomunikasi di indonesia untuk saat ini. Ada cerita menarik yang disampaikan oleh Pak Suprawoto, beberapa orang perwakilan dari Maluku Barat Daya, sebuah daerah yang masih sangat terpencil dan belum terjangkau teknologi, datang ke kantor kominfo di Jakarta hanya untuk meminta fasilitas internet.



Setelah Pak Suprawoto menyampaikan pidatonya, acara diselingi dengan potong tumpeng untuk ulang tahun ASEAN Blogger yang ke-2, ada yang salah sebut yang ke-3, tetapi pak @hazpohan meluruskan jika ASEAN Blogger baru ultah yang kedua. Selanjutnya, acara yang ditunggu-tunggu, coffe break :)



Coffe break usai, dilanjut lagi dengan menampilkan tiga pembicara sekaligus yang naik panggung, yaitu Pak @hazpohan, Thomas Bills dari perwakilan Amerika untuk ASEAN, dan Pak Muhammad Dian Nafi sebagai seorang pemerhati sejarah dan budaya. Pak @hazpohan menyampaikan beberapa prioritas komunitas ASEAN, salah satunya tentang pendidikan. Untuk hal yang satu ini, ASEAN masih perlu pembenahan. Sedangkan Thomas Bills menyampaikan tentang dukungan Amerika dengan adanya komunitas ASEAN ini.


Sesi terakhir sebelum istirahat yaitu menampilkan Bapak marketing Indonesia dan juga dunia, Hermawan Kertajaya. Beberapa yang dapat saya tangkap dari yang disampaikan Pak Hermawan yaitu share energi positif dalam postinganmu, karena selain bermanfaat bagi kita juga bermanfaat untuk semua orang. Blogger itu adalah seorang publisher, editor, dan juga seorang marketing. Artinya, seorang blogger itu bisa menjadi penyampai berita dan bisa juga menjadi marketing untuk sebuah produk atau jasa.

Sehabis Sholat Jum'at dan makan siang, acara dilanjut lagi dengan menampilkan dua pembicara yang juga seorang blogger semua. Bapak Budi Putra dan Mbak Venus Handayani. Mereka menyampaikan pengalamannya menjadi seorang blogger. Mbak venus misalnya, menyampaikan pengalamannya mengunjungi tempat-tempat di seluruh dunia. Untuk sesi ini, ada sesi tanya jawab. Langsung dilanjut saja ya? Untuk sesi selanjutnya tampil wakil dari departemen pariwisata dan ekonomi kreatif, Fransesca Nina Soemitro, dan kepala dinas pariwisata kota solo. Hal saya tangkap dari yang disampaikan Ibu Fransesca yaitu Pariwisata kita masih kalau dibandingkan Malaysia, kunjungan pariwisata Indonesia cuma 8 jutaan per tahun, sedangkan Malaysia mencapai 28 jutaan per tahun. Hal menarik disampaikan oleh Kepala pariwisata Kota Solo, hiburan kesenian di Kota Solo digratiskan. Wow, menarik sekali.

Acara seminar ditutup dengan menampilkan fashion show batik yang diperagakan oleh blogger-blogger ASEAN. Yang semula udah ngantuk, letih, dan lesu, langsung segar kembali. Sepertinya, acara fashion show ini malah paling semarak dan ramai.



Malamnya, masih ada acara lagi, yaitu nonton Mangkunegaran Art Festival yang menampilkan tarian dan operet tentang timun mas. Ramai banget, sampai saya tidak kebagian tempat duduk, akhirnya nonton berdiri. Kalau yang tidak mau berdiri berdesak-desakan nonton, bisa nonton layar lebar yang dipasang di depan pendopo.



Acara hari ketiga yaitu perkenalan blogger masing-masing negara ASEAN, kemudian dilanjut dengan seminar sesuai minat masing-masing. Saya memilih seminar tentang kulineri ASEAN. Setelah istirahat, acara dilanjut dengan berkunjung ke Candi Sukuh, ada juga yang ke Museum Sangiran. Saya pilih ke Candi. Ketika hampir sampai, mobil yang saya tumpangi tidak kuat naik ke Candi Sukuh, terpaksa harus dijemput mobil yang kuat naik. Cerita tentang kunjungan ke Candi Sukuh ntar mau saya buatkan postingan sendiri #sekedarinfo. Setelah dari Candi Sukuh langsung ke lokasi Urban Forest, sebuah tempat yang dulunya merupakan pemukiman penduduk, kemudian akan diubah jadi hutan kota. Terus kemana penduduk yang dulu bermukim ditempat ini? Sudah dipindahkan ke tempat yang aman dari banjir. Malam hari sebenarnya masih ada acara keliling kota Solo dengan naik bis tingkat, tapi badan udah capek banget, jadi... tidak ikut :)



Minggu 12 Mei, hari terakhir ASEAN Blogger Festival Indonesia. Acara pertama yaitu naik kereta uap  dari area CFD jalan Slamet Riyadi sampai stasiun Purwosari. Selesai naik kereta langsung dilanjut dengan kunjungan ke keraton Solo, disini juga sekaligus sebagai tempat penutupan rangkaian acara ASEAN Blogger Festival Indonesia, yang berlangsung selama 4 hari. Seperti harapan yang saya tulis di paragraf awal, saya pulang dengan membawa semangat dan kenangan dari acara ini. Sampai jumpa tahun depan.

3 comments:

Wah, foto pendukung untuk "perkenalan tentang negara asal blogger" kenapa harus blogger cewek yg dari Myanmar to kang? wah, mesti ono opo2 iki, hehehe...

#Kita bersaing sehat yo kang?

yo mesti ono opo2ne, nek ora ono opo2ne, yo kosong melompong ora ono tulisane :D
by the way, komentarmu kok masuk spam, tukang nyepam yo? :D

artikelnya menarik sekali,.. ditunggu kunjungan baliknya di blog saya "Rangkuman Liputan ABFI Di Solo 9-12 Mei 2013" lengkap gan + gambar dan video :D

terimakasih,..

Post a Comment