Saturday, April 27, 2013

MicroSIM Bisa Digunakan Untuk Ponsel Lawas



Ponsel terbaru terutama yang berjenis Smartphone sekarang ini menggunakan jenis simcard yang berbeda dengan simcard yang digunakan ponsel lawas. Smartphone terbaru kebanyakan sudah menggunakan simcard jenis microSIM, yang ukurannya lebih kecil dari pada simcard standar. Kalau dulunya kita memakai ponsel lawas dan kita ingin berganti ke smartphone terbaru, maka kita harus memotong simcard kita. Di galeri atau customer center operator seluler biasanya menyediakan fasilitas untuk memotong simcard standar menjadi microSIM. Kadang counter HP juga menyediakan jasa pemotongan simcard. Sebenarnya kita juga bisa memotong sendiri dengan mengikuti petunjuk yang bisa dicari di internet. Seperti yang pernah saya posting di blog ini: cara memotong simcard

Kalau mau pindah dari simcard standar ke microSIM, mudah, tinggal potong simcard-nya. Bagaimana jika kita ingin beralih dari smartphone terbaru ke ponsel model lawas, istilahnya downgrade gadget, apakah microSIM kita masih bisa digunakan? Solusi praktis adalah datang ke gerai center operator seluler dan bilang ke CS-nya kalau kita mau mengubah microSIM menjadi simcard standar. Ini pernah saya lakukan. Jadi nanti oleh customer service microSIM kita diminta dan diganti dengan simcard standar.

Tetapi tahukah kalian, kalau microSIM masih bisa digunakan pada ponsel lawas, tidak perlu ke customer service operator seluler, tetapi dengan catatan bentuh rumah simcard-nya seperti gambar di atas, terbuka dan ada penyangga di atas simcard. Selain model rumah simcard di atas, sepertinya tidak bisa. Gambar di atas adalah microSIM yang saya potong sendiri dan digunakan pada ponsel yang masih menggunakan rumah simcard model standar. Bisa digunakan dan tidak ada masalah apa-apa.

Bagaimana dengan Anda? punya pendapat lain atau mungkin cara lain, bisa berbagi dong

Sekian dan semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment