Tuesday, April 2, 2013

Menendang Gratis Real Football 2013 di Windows Phone


Ini nih game favorit yang pengen saya install dan mainin di smartphone windows phone kesayangan. Sebenarnya game ini udah nongol bulan lalu, tetapi belum gratis, kita harus membayar sekitar Rp 25 ribuan kalau dirupiahin. Kendala untuk membelinya adalah harus menggunakan kartu kredit untuk menebus game xbox ini. Sedangkan saya tidak punya kartu kredit. Jadinya, saya hanya memendam keinginan.

Pagi ini, buka-buka windows phone market, atau kalau di hape tulisannya 'bursa'. Berharap ada sesuatu yang baru lagi, seperti kemarin ada game temple run. Hari ini juga berharap ada sesuatu yang baru. Ternyata tidak ada yang baru, cuma ada yang berganti label dan ini yang membuat saya senang. Real football yang dulunya dibandrol sekian puluh ribu, sekarang jadi gratis. Langsung install game yang filenya sebesar 809 MB. Baru kali ini tahu ada game hape yang gedenya hampir satu giga.



Setelah selesai langsung dicoba, karena nunggu instalannya selesai juga lama. Pada tampilan awal, kita akan dihadapkan pada pilihan liga negara mana yang akan kita mainnya. Setelah pilih negara, baru pilih klub yang akan kita mainkan. Saya pilih Inggris, dan klubnya.... tidak ada yang menggunakan nama asli klub. Kalau Man. Red itu mungkin maksudnya Manchester United, sedang Man. Blue, mungkin Manchester City. Saya pilih Man. Red. Jreng! pemain-pemainnya tidak ada yang saya kenal. Nama-nama asing semua. Tetapi kita bisa punya satu kesempatan untuk menambahkan satu transfer penyerang, dengan memilih satu dari kotak-kotak yang tersedia. Kalau beruntung akan mendapatkan penyerang terkenal yang namanya benar-benar ada di sepakbola nyata. Saya pernah dapat canavi, falcao, dan suarez. Selanjutnya, kita akan dipandu ke tahap-tahap selanjutnya. Kita tidak bisa keluar dari panduan yang berikan. Panduannya harus diikuti sampai selesai baru kita bisa main.

Setiap selesai pertandingan, selalu ada panduan-panduan, seperti membeli peralatan p3k, latihan, dan lain-lain. Entah itu apa, saya ikuti saja langkah-langkah yang harus dijalankan.

Untuk kontrol permainan, ada dua kelompok tombol, di kanan dan di kiri bawah layar. Di sebelah kanan ada tombol pass, tekle, shoot, dan sprint. Sedangkan di sebelah kiri ada tombol navigasi arah berlari pemain. Bagi yang sudah biasa main PS ataupun  Winning eleven, kontrol yang diberikan masih kurang. Tidak ada tombol untuk umpan terobosan. Memainkannya juga agak lambat. Saya rasa bukan faktor smartphone-nya, tetapi memang game-nya yang lambat.

Untuk game Real Football 2013 ini, saya nilai 5 saja. Alasannya, tidak bisa setting formasi, tombol permainan masih kurang, tidak bisa exit permainan (permainan harus diselesaikan sampai menit terakhir baru bisa exit, nama-nama pemainnya juga tidak nama asli. Terus apalagi... *mengingat-ingat*

Bagi kalian pengguna Windows Phone, game Real Football 2013 ini patut dicoba, tetapi jangan berharap kualitasnya akan sebagus PES atau winning eleven. Ya, anggap saja game ini sebagai pelepas dahaga game sepakbola di windows phone, karena memang game-game berkualitas di Windows Phone masih kurang.

gambar-gambar diambil dari SINI

0 comments:

Post a Comment