Sunday, April 28, 2013

Berapa Sering Mendapatkan SMS Penipuan?



Ya, berapa sering Anda mendapatkan sms yang mengabarkan kalau Anda memenangkan sebuah hadiah uang tunai atau barang mewah? Kalau saya ada dua jawaban, karena saya memakai dua kartu sim sekaligus yaitu si kuning dan si merah. Untuk si merah, saya sering sekali mendapatkan sms penipuan ini.


Sedangkan untuk kartu si kuning jarang, tetapi sekalinya ada, langsung telepon mengabarkan kalau saya memenangkan sebuah hadiah uang tunai sebesar Rp 75 juta ditambah dengan pulsa 500 ribu. Si penipu telepon, pertama-tama dia bilang kalau dari operator si kuning, kemudian mengabarkan kalau saya mendapatkan hadiah uang tunai dan pulsa. Ditanya juga nomor rekening bank. Si penipu kemudian menjelaskan, kalau uang hadiahnya akan ditransfer via ATM, maka dari itu saya disuruh ke ATM untuk diberitahu cara mendapatkan transferan hadiah.

Cara penipuan di atas sudah basi banget ya, kelihatannya sudah banyak yang tahu karena sudah sering dimuat di koran. Cara penipuan yang lebih baru yaitu dengan memberikan bukti berupa website yang berisi bukti berupa foto hadiah atau penyerahan hadiah.

Sedikit tips yang berupa poin-poin yang mungkin bisa jadi catatan.
- Kalau merasa tidak pernah ikut lomba atau kompetisi apapun kemudian kok tiba-tiba Anda mendapat hadiah, ini tanda tanya
- Saya kok belum pernah tahu, hadiah uang tunai diberikan langsung via transfer ATM, biasanya penerima hadiah harus melengkapi syarat administrasi, kemudian pemberi hadiah mentransfer langsung ke rekening pemenang tanpa harus ke ATM untuk pemenangnya.
- Jangan mudah tergiur iming-iming hadiah besar
- Selalu cek kebenaran jika Anda mendapat hadiah dengan telepon call center resmi

Saya heran, penipuan berkedok operator seluler kok masih marak. Sebenarnya ada tidak usaha dari pemerintah atau operator seluler untuk memberantas atau mencegah penipuan ini?

1 comments:

Pada saat ini, GarudaFood selaku produsen Kacang Garuda tidak menyelenggarakan program undian langsung dengan menggunakan kupon atau bentuk lainnya (berhadiah mobil atau apa pun). “Segala bentuk permintaan uang untuk mendapatkan hadiah promo 1 mobil Avanza atau hadiah lainnya, adalah penipuan dan bukan menjadi tanggung jawab PT GarudaFood,” ungkapnya.

Post a Comment