Saturday, March 2, 2013

Review HTC 8X Windows Phone



HTC 8X Windows Phone 8 adalah produk pertama produsen asal korea,HTC, yang menggunakan OS Windows Phone 8. Produk premium atau high end, bisa dilihat dari harganya, sekitar 5,6 jutaan. Selama beberapa bulan menggunakannya, tidak usah diragukan lagi kualitasnya. Untuk memotret, merekam video, untuk berjejaring sosial, hanya satu kata yang saya ucapkan, memuaskan.

Sebelum lebih lanjut menguraikan panjang lebar tentang HTC 8X ini, ada baiknya kita mengetahui spesifikasi singkatnya.
Ukuran layar         : 4.3 inch super LCD 720p HD
Prosesor               : Qualcomm S4 1.5 GHz Dual core
Kamera                 : kamera belakang 8MP, depan 2 MP
Memori internal    : Total 16 Gb, RAM 1 Gb
Memori eksternal  : Tidak ada
Konektifitas          : microUSB, Bluetooth 3, Wi-Fi, GPS / GLONASS, NFC
Kartu SIM              : microSIM GSM

Pertama yang akan saya uraikan yaitu masalah multimedia. Untuk fotografi, kualitas HTC 8X ini tidak usah diragukan lagi, mengambil gambar di luar maupun di dalam ruangan tidak masalah, kualitasnya tetap bagus walau minim cahaya sekalipun. Untuk buktinya bisa dilihat foto-foto di bawah ini

[caption id="" align="alignnone" width="500"] hasil foto luar ruangan[/caption]

[caption id="" align="alignnone" width="281"] foto di luar ruangan[/caption]

 

[caption id="" align="alignnone" width="500"] hasil foto malam hari di dalam ruangan[/caption]

 

[caption id="" align="alignnone" width="500"] foto malam hari[/caption]

Setali tiga uang dengan fotografi, untuk urusan merekam video, kualitasnya bagus untuk ukuran smartphone. Contoh video bisa dilihat di bawah ini.

httpv://www.youtube.com/watch?v=FoxH6AEFq_Q

Untuk audio, suara jernih dan terdengar jelas, saya setel setengah dari volume maksimal sudah terdengar sangat keras. Jika kita menyolokkan heatset bawaan HTC, maka kita akan dibawa ke sebuah fasilitas yang dibenamkan HTC yang namanya beatsaudio. Dengan menggunakan fasilitas ini, suara yang keluar jadi lebih joss. Seperti berada di sebuah konser.

[caption id="" align="alignnone" width="298"] tampilan player audio[/caption]

Kedua untuk masalah internet. Browser bawaannya adalah internet explorer, tapi jangan illfill dulu, browser bawaannya ini kinerjanya patut diacungi jempot, kualitasnya sekelas browser desktop. Apa yang tertampil di browser desktop seperti itu juga yang tertampil di browser HTC 8X ini. File flash atau animasi lain, bisa ditampilkan di browser ini.

Untuk urusan sosial media, di HTC 8X Windows Phone 8 ini, ada fitur yang namanya 'Sosial', sebuah fitur yang bisa mengintegrasikan seluruh akun sosial media yang kita punya. Untuk saat ini sudah mendukung twitter, facebook, linkedin, dan weibo. Dengan fitur ini kita bisa update status ke semua akun sosial media, atau melihat update status teman kita dari fitur ini. Kalau update statusnya facebook, kita bisa like atau komen. Kalau update statusnya twitter,maka kita bisa balas atau retweet. Oya, nomor-nomor kontak ponsel, semuanya juga tertampung dalam fitur sosial ini. Kita bisa mengintegrasikan semua akun seorang temen jadi satu. Misal seorang teman kita punya akun twitter, facebook, linkedin, dan nomor kontak ponsel, maka semuanya itu bisa digabung jadi satu, cukup klik link akun yang mau digabungkan akunnya. Keren kan!

[caption id="" align="alignnone" width="650"] semua akun sosial bisa diintegrasikan di sini[/caption]

 

Selanjutnya untuk urusan hardware. Dengan prosesor sebesar 1.5 GHz dan RAM 1 Gb sudah cukup membuat smartphone ini lancar jaya menjelajar fitur-fitur atau menjalankan program secara bersamaan. Di bagian atas ada tombol power di pojok kanan dan colokan heatset di pojok kiri. Di bagian bawah hanya ada colokan untung mengisi daya sekaligus merangkap sebagai microUSB. Sebelah kiri tidak ada tombol apa-apa. Di sebelah kanan ada hotswap untuk microSIM, di bawahnya ada tombol volume, kemudian di pojok bawah ada tombol kamera, tetapi tombol kamera ini ada sedikit kekurangan karena ketika pencet tombol ini belum tentu langsung memotret. Tetapi menurut saya
tidak masalah, karena saya lebih suka memencet layar sekaligus untuk menetapkan fokus yang mau kita foto.

HTC 8X ini juga bisa mengshare koneksi internetnya atau tethering istilahnya. Satu lagi, ada fasilitas namanya NFC (Near Field Communication), dengan fasilitas ini kita bisa berbagi foto, situs web, kontak, file, dan lain-lain cukup dengan mendekatkan perangkat yang mau kita bagi, tetapi smartphone lain itu juga harus punya fasilitas NFC.

Ketiga untuk masalah aplikasi. Untuk fotografi ada beberapa aplikasi yang menurut saya menarik. Beberapa itu diantaranya sebagai berikut :


  • Blink - memotret dalam jumlah banyak hanya dengan sekali ketuk

  • Cartoon Me - membuat kartun wajah kita

  • Lomogram - edit foto seperti instagram, tetapi dengan efek lebih banyak

  • Picture Perfect - editor foto, bisa menambahkan teks, gambar, dan tentu saja efek.

  • Photosynth - membuat gambar panorama dan seperti 3D


Untuk aplikasi sosial media sudah ada twitter, facebook, linkedin, foursquare, beberapa aplikasi twitter yang menarik (rowi, twitcaster, seesmic, motweets, dll). Ada salah satu aplikasi yang menurut saya sangat menarik adalah SoundHound. Dengan aplikasi ini, kita cukup mendekatkan smartphone ke musik yang sedang di putar (musik dari radio contohnya), maka aplikasi ini bisa mengenali lagu dan penyanyinya, kemudian kita bisa mengshare ke twitter maupun facebook.



Di dalam HTC 8X ini juga sudah tertanam fitur office mobile. Bisa membuat dan mengedit dokumen word, excel dan powerpoint.



 

Keempat. Saya akan membahas tentang kelemahan HTC 8X Windows Phone 8
Dari segi Hardware

  • Fungsi tombol kamera kurang maksimal. Kadang di klik bisa memotret, kadang diklik tidak bisa

  • Tidak bisa nge-charge dalam keadaan smartphone mati. Meskipun smartphone sudah dimatiin dulu, kemudian kita mau charge, secara otomatis smartphone hidup sendiri.


Dari segi software

  • Aplikasi kesukaan saya seperti instagram, pinterest, dan path belum ada #halah

  • Tidak ada file explorer. Kita tidak bisa tahu, ada file apa saja di dalam ponsel. Misal untuk melihat file musik, maka kita harus masuk ke player musik. Begitu juga dengan file video, ada file video apa saja dan berapa, kita tidak bisa tahu kecuali kalau membuka player video.

0 comments:

Post a Comment