Sunday, March 10, 2013

Pelatihan Blog di Boja



Berbekal diskripsi singkat tentang tempat acara pelatihan, kalau bahasa jawanya 'ancer-ancer', saya yang berangkat dari tembalang sendirian menyusuri lika liku naik turunnya jalanan gunung pati. Kurang lebih 1 jam perjalanan akhirnya sampai di tempat acara. Ternyata acara pelatihan blognya berlangsung di sebuah rumah. Pelatihan blog di Boja ini digagas oleh karang taruna kampung. Saya ternyata yang paling akhir datangnya. Teman-teman loenpia lain, @jeepban, @slamsr, dan @_mizan, ternyata sudah datang lebih dulu. Peserta juga sudah siap semua. Ada sekitar 20 orang yang ikut pelatihan. Rata-rata adalah anak SMA atau SMK.



Jam 10 lebih sedikit, acara dimulai. Dibuka dengan perkenalan tentang apa itu loenpia oleh @jeepban. Kurang lebih selama 15 menit perkenalan. Sesi selanjutnya perkenalan rentang blog. Kegunaan, manfaat, apa yang boleh ditulis di blog dan apa yang tidak boleh ditulis. Semoga saja pada mendengarkan materi yang disampaikan oleh @slamsr, karena suara dari acara sebelah lebih ramai.



Setelah acara perkenalan tentang blog berakhir, langsung dilanjut dengan praktek membuat blog. Dipandu @jeepban, seorang peserta yang dipinjami laptop dari loenpia praktek membuat email dan blog, yang mana bisa dilihat peserta lain karena laptopnya disambungkan ke proyektor. Peserta lain ikut step by step yang dilakukan peserta tersebut. Praktek membuat email gmail dan blog blogspot ternyata berakhir dengan cepat. Mungkin karena koneksi internet yang cepat. Sekitar jam setengah dua belas, semua peserta sudah menyelesaikan semua postingan yang dibuat. Ada satu dua peserta yang tidak bisa menyelesaikan membuat blog karena laptopnya keburu mati, sedangkan colokan listriknya sudah penuh semua. Mungkin lain kali panitia harus menyediakan banyak colokan listrik.





Setelah istirahat makan dan sholat, acara dilanjut dengan menambahkan link blog teman dan juga mengumpulkan postingan peserta untuk dinilai. Mendekati jam 14.00, juara 1, 2, dan 3 sudah ada. Ada juga beberapa yang mendapatkan pulsa dari loenpia. Dengan diserahkannya hadiah, maka berakhir pula acara pelatihan blog.





Saat mau pulang hujan malah turun. Akhirnya kami berlima, @_mizan mengajak adiknya, singgah dulu di rumah @sodiyc, yang merupakan panitia pelatihan blog sekaligus anggota loenpia. Lima buah duren disajikan oleh tuan rumah. Hanya tiga setengah yang termakan, sisanya tidak termakan karena sudah kekenyangan semua. Jam tiga lebih, kami memutuskan untuk pulang walau hujan masih lebat. Aku pulang lewat rute semula saat berangkat, sementara @jeepban yang membonceng aku harus mengambil motornya dulu di tempat tambal ban karena bannya bocor, tidak ditambal sih karena sobeknya terlalu lebar, jadinya dikasih ban dalam. Aku langsung melaju pulang. Sampai jumpa di pelatihan berikutnya. Walau anak loenpia yang datang hanya 4, tetapi acara berlangsung sukses. Salut untuk semua

0 comments:

Post a Comment