Friday, February 22, 2013

Program Anti Korupsi Gagal?



Fakta yang saya temukan ini mungkin tidak mewakili secara keseluruhan. Saya hanya mengungkapkan salah satu atau segelintir temuan. Fakta yang saya temukan yaitu sebuah laporan laba rugi yang di tempel di kantin sekolah. Yup! sekolah yang saya maksud ini mengadakan program yang telah dicanangkan Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK, programnya yaitu 'Kantin Kejujuran'. Laporan dua periode itu dituliskan jika kantin mengalami kerugian karena uang hilang, alias yang membeli tidak membayar, kalau secara kasarnya 'mencuri', dan uang yang hilang (pembeli tidak membayar) tidak main-main. Untuk bulan oktober, uang hilangnya mencapai 4 jutaan, sedangkan untuk bulan november hampir 3 juta.



Apakah yang saya temukan di atas bisa menjadi acuan? saya katakan tidak bisa jadi acuan, kecuali program kantin kejujuran di tempat-tempat lain juga bernasib sama, pembeli tidak membayar. Ya, semoga saja program kantin kejujuran di tempat lain tidak berakhir dengan uang hilang.



Saya sempat heran, fakta yang saya temukan ini berada di sekolah daerah yang notebene tingkat keluguan orang-orangnya masih kental saja program kantin kejujurannya gagal, apalagi di sekolah perkotaan, ruginya mungkin semakin banyak. Saya pernah baca koran, kalau ternyata program kantin kejujuran ini memang gagal. Entah benar atau tidak, saya merasa prihatin #SBYmodeOn bagaimanakah program pemberantasan korupsi kedepannya, apakah korupsi berkurang? atau semakin bertambah oknum yang korupsi? Saya tidak bisa membayangkan dan tidak bisa meramalkan. Hanya Tuhan yang tahu, dan hanya diri kita sendiri yang bisa mencegah korupsi semakin merajalela, mencegah diri masing-masing untuk tidak tergiur nikmatnya korupsi

0 comments:

Post a Comment