Monday, February 4, 2013

Pelatihan Blog di SMAN 1 Jepara



Pelatihan blog di SMA 1 Jepara ini adalah pelatihan blog di luar kota yang kedua bagi saya bersama loenpia, sebelumnya juga ikut meramaikan pelatihan blog di Ungaran tahun lalu. Pelatihan blog di SMA 1 Jepara ini merupakan pelatihan blog untuk kedua kalinya. Untuk pelatihan pertama tahun lalu saya tidak ikut. Baru untuk pelatihan kedua ini saya bisa ikut.

Rencananya, kami akan berangkat sabtu siang jam 13.00, tetapi karena jam satu saja baru nongol. Termasuk saya yang sampai di rumah Pak Depe  lebih dari dari jam satu. Lebih dari 15 menit terlambatnya :). Tetapi masih ada yang lebih terlambat lagi, yaitu @sovialida, dia baru datang jam setengah dua. Tapi kelihatannya semua maklum karena dia belum pernah ke rumah Pak Depe, yang disalahkan adalah yang memberikan petunjuk, dan tersangkanya adalah @slamsr. Setelah @sovialida datang, rombongan yang terdiri dari @jeeban (korlap), @masyogie, @hyudee, @sofyanr, @sanji0ne, @slamsr, @mbandah, dan @sovialida segera berangkat. Entah berangkatnya jam berapa, saya lupa, sampai di tempat tujuan jam empat persis.

Segala obrolan dan keceriaan selama perjalanan tak perlu aku tuliskan, biarlah menjadi kenangan semua yang ada di dalam mobil. O.. ya, ada satu lagi tukang loenpia yang datang, tetapi dia tidak bersama rombongan, dia bawa mobil sendiri dari kudus. Dia adalah @danindra, MC abadi loenpia.

Sampai di pintu gerbang, rombongan sudah disambut oleh adik-adik berseragam. Kata @jeeban kemajuan, tahun lalu panitianya belum pakai seragam khusus untuk acara pelatihan. Kami langsung diantar ke ruang acara, di ruang multimedia. Ketika memasuki ruangan, sambutan begitu meriah, seperti sebuah band terkenal ketika memasuki panggung :)

Acara pelatihan blog dimulai denngan perkenalan tentang apa itu loenpia oleh sang korlap @jeeban kemudian dilanjut perkenalan anak-anak loenpia yang datang. Nama dan blog yang dimiliki, serta sedikit cerita tentang blognya. Saya yang tidak persiapan sebelumnya dan tidak tahu kalau ada perkenalan tiap personal yang datang, hanya perkenalan secara singkat. Setelah sesi perkenalan dari leonpia, acara dilanjut dengan pengantar dasar tentang blog, yang disampaikan oleh @masyogie bla..bla..bla... selesai. Karena waktu sudah menunjukkan waktu maghrib, maka disudahi untuk sholat dan makan malam.



Sekitar jam  8 malam acara dilanjut, tidak langsung materi dari loenpia tetapi diisi dengan sedikit hiburan dari panitia yang menampilkan band sekolah. Hebatnya, semua lagu yang dinyanyikan lagu-lagu berbahasa inggris yang sedang populer. Hal tidak pernah dilakukan di zamanku :). Selesai hiburan dan sedikit game dari panitia, acara selanjutnya yaitu praktek membuat blog. Semua anak loenpia ikut membantu adik-adik dalam membuat blog jika mereka kesulitan. Mungkin karena banyaknya peserta, lebih dari 70 orang, koneksi internetnya jadi lambat, jadi proses membuat blognya pun ikut jadi bertele-tele. Sekitar jam sepuluh malam acara praktek membuat blog baru selesai. Walaupun begitu masih ada yang belum berhasil membuat blog. Tak apalah, yang penting sudah mengerti proses membuat blog.

Acara dilanjutkan dengan sesi selanjutnya yaitu tentang fotografi yang diisi oleh @hyudee dia mengangkat tema tentang street fotografi. Tema ini juga yang dijadikan tema untuk lomba foto. Dalam materinya @hyudee menyampaikan, ada 3 jenis pengambilan sudut gambar, yaitu low angle, horisontal angle, dan hight angle. Low angle adalah sudut pengambilan gambar berada di bawah, horisontal angle adalah sudut pengambilan gambar yang sejajar atau horisontal dengan obyek foto, sedangkan hight angle adalah sudut pengambilan gambar dari atas obyek. @hyudee juga bercerita tentang pengalamannya berlibur ke malaysia, dan sepertinya selama sesinya, dia bercerita tentang itu.

Jam sudah menunjukkan 11 malam lebih, acara disudahi untuk istirahat karena besok pagi-pagi adik-adik siswa peserta pelatihan harus bangun pagi untuk olahraga, dan tentunya bagi mereka yang ingin ikut lomba foto adalah kesempatan untuk berburu obyek foto. Seluruh anak loenpia kecuali indah dan danindra sepakat untuk mencari makan lagi. Dalam hati berkata, gile... tadi udah dapat jatah makan malam masih mau makan lagi. Indah tidak ikut karena sedang sakit, dan danindra menemaninya.

Setelah muter-muter yang dipandu adik panitia, kami akhirnya dapat tempat makan, walaupun menu yang tersisa hanya mie kuah dan mie goreng. Padahal kalau melihat menu di spanduk, aku pengennya makan nasi goreng. Ya sudahlah, dari pada pulang dengan perut hampa. Sebelumnya kami sudah mendatangi dua tempat yang berakhir kecewa. Warung pertama sudah tutup, sedangkan warung kedua sudah habis dan mau tutup.

Malam waktu tidur, ketika lampu ruangan dimatiin semua, beberapa menit kemudian terdengar suara aneh, adik-adik peserta pelatihan yang masih diruangan bukannya takut, tetapi malah terkekeh-kekeh. Suara aneh apakah itu? hanya yang diruangan dan belum tertidur yang tahu, hehehehe...

Pagi jam 8, acara kembali dimulai, tidak langsung materi dari loenpia. Seperti biasa, panitia mengadakan game biar adik-adik peserta tetap semangat. Sementara adik-adik peserta main game, anak-anak loenpia sibuk sendiri-sendiri. Ada yang mempersiapkan materi, ada yang mandi, dan ada juga yang mainan hape. Indah, yang telah sehat kembali ngetweet "ngantuk dan pengen minum kopi", tweetnya disambar oleh salah satu guru yang berinisial @eyizibra, yang mengabarkan kalau kopinya sedang dibuat. Hehehe... peristiwa tahun lalu terulang.



Setelah adik-adik selesai dengan gamenya, @sofyanr menyampaikan materi SEO. Apa itu SEO? apa kegunaannya? dan segala hal tentangnya. Sesi materi SEO selesai, langsung dilanjut dengan mengumpulkan artikel atau foto yang diikutkan lomba, dengan mengisi form registrasi yang berisi nama, link blog, dan jenis lomba yang diikuti. Butuh waktu sekitar satu jam untuk mengumpulkan artikel dan foto.



Sembari menunggu kakak-kakak dari loenpia melakukan penjurian, panitia kembali melakukan game. Kali ini gamenya adalah berjalan dengan pantat. Ramai dan seru. Setelahnya, ada penyerahan award untuk the most kepo, the most berisik, the most usil, dan yang paling mengenaskan, the most gagal. Award-nya sendiri berupa sekalung makanan ringan. Seru deh pokoknya.

Menginjak jam 12 siang, para nominator juara telah untuk lomba artikel dan foto telah ditangan. @jeeban mewakili juri menyampaikan urutan juara. Masing-masing kategori ada 4 pemenang dan mendapatkan hadiah yang telah dipersiapkan.



Dengan diumumkannya pemenang-pemenang untuk lomba, berakhir pula acara pelatihan blog kali ini. Acara diakhiri dengan foto-foto bersama. @putrisador1 yang hari sabtunya berulang tahun menjadi korban keusilan panitia, dia diikat, dicoret-coret, dan ditutup wajahnya, layaknya seperti seorang teroris.

Seru, seru, dan seru lah pokoknya. Salut untuk panitia yang telah sukses menyelenggarakan acara pelatihan blog. Semoga kerjasama dengan anak-anak loenpia tetap terjalin untuk tahun depan. Semoga adik-adik yang telah ikut pelatihan blog bisa menjaga blognya agar tidak lupa username dan password blognya, yang berarti juga tetap menggunakan blog yang telah dibuat untuk menuliskan ide, catatan, hobi, minat, dan apa sajalah kedalam blognya. Salam blogger!

untuk foto-foto lain bisa dilihat di sini

 

1 comments:

“Cinta dan Mimpi itu mukjizat. Mereka tak perlu didengar, dilihat, atau diterjemahkan” kutipan sederhana tersebut diambil dari salah satu film yang lumayan saya gandrungi keberadaannya. Diberi judul Hear Me, film ini bercerita tentang persaudaraan kakak beradik tungarungu yang hidup berdua dalam kesederhanaan. Dengan dibintangi oleh pemain-pemain yang menurut saya memiliki kemampuan akting luar biasa, film ini sangat bisa untuk mengombang-ambingkan emosi para penonton. Sedih, geregetan, haru, dan kagum adalah kesan yang saya dapatkan setelah menontonnya. Meski merupakan Film Romansa, tetapi film ini tak terkesan lebay dan menyek. Tak heran jika fim ini adalah salah satu penyebab saya begitu menyukai film-film asia yang sebetulnya dulu dilihat dengan sebelah mata . Meski cacat, kakak beradik berparas cantik ini menjalani hidupnya secara mandiri. Sang kakak (Xiao Peng) mempunyai bakat dalam bidang renang ingin sekali mempersembahkan sebuah medali dalam olimpiade agar dapat memperbaiki perekonomian dia dan adiknya. Sang adikpun (Yang-Yang) tak kalah hebat. Dia bekerja membanting tulang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka disaat sang kakak masih sibuk berlatih keras. Dia rela menjadi pengamen jalanan yang demi mengumpulkan receh dan selanjutnya ternyata receh menjadi ide cerita yang sangat menarik untuk menimbulkan sebuah konflik dan keromantisan.

Post a Comment