Wednesday, February 13, 2013

Kopdar di Pasar Semawis



Jum'at kemarin, tanggal 8 Februari, saya bersama dengan teman-teman dari loenpia mengadakan acara, lebih tepatnya jalan-jalan di Pasar Semawis. Sebuah event tahunan di Semarang yang diadakan dalam rangka menyambut tahun baru Imlek. Bertempat di sepanjang jalan Gang Tengah Pekojan Semarang. Berlangsung dari tanggal 6-8 Februari. Menurut saya, sama seperti pasar malam biasa. Hanya sedikit saja ciri khusus yang membedakannnya dengan pasar biasa. Hanya kuil-kuil atau tempat sembahyang saja yang menonjol. Selebihnya seperti pasar malam biasa. Saya dan teman-teman juga tidak beruntung, tidak bisa melihat atraksi barongsai.



Butuh perjuangan untuk memasuki area Pasar Semawis, sampai-sampai ada salah satu teman yang 'mutung' pulang karena begitu padatnya dan tidak menemukan rombongan kami. Harus parkir jauh dari tempat acara. Pengunjung yang begitu banyak tidak mampu ditampung tempat acara, jadinya harus berdesak-desakan berjalan menyusuri area Pasar Semawis. Mungkin karena cuaca yang mendukung alias terang benderang. Tidak seperti tahun lalu yang saat berlangsungnya acara disiram hujan deras. Sungguh tidak nyaman. Mungkin perlu pindah tempat, atau barangkali manajemen penyelenggaraan yang lebih rapi dan terorganisir.



Saya prihatin dengan Wayang Potehi, dari tahun lalu tempat pertunjukannya masih seperti itu. Tidak ada perubahan sama sekali. Sebenarnya pertunjukannya sangat menarik, cuma sayangnya kalau mau mengambil gambar wayangnya tidak bisa maksimal karena terhalang sinar neon yang berada persis di atas panggung yang begitu sempit itu.

Kami tidak sampai tuntas mengelilingi area Pasar Semawis. Mungkin sudah pada capek berdesak-desakan. Sementara kami pulang, pengunjung masih banyak yang berdatangan, walaupun tak sebanyak ketika kami datang. Semoga acara tahun lebih menarik dan tertata rapi.

untuk foto-foto lain bisa dilihat di fotosekitar.blogspot.com

1 comments:

dimana-mana tangane slams swasta :))

Post a Comment