Friday, January 18, 2013

Terlambat Perpanjangan SIM



Dalam bayanganku, SIM-ku itu habisnya tahun 2013, ternyata pertengahan tahun 2012 adalah habisnya. Jadi, terlambat sekitar 6 bulan. Kalau saja tidak ada acara mengisi form di internet, mungkin sampai pertengahan tahun 2013 baru mau perpanjangan, karena dalam pikiranku akhir berlakunya sim adalah tahun 2013.

Takut juga ketika tahu kalau SIM sudah terlambat perpanjangan selama 6 bulan. Coba cari informasi dengan browsing di internet, apakah terlambat perpanjangan SIM kena denda. Nemu blog 'pelayan masyarakat' yang dihosting di blogspot, informasinya lengkap, jadi yakin dan bersyukur. Alhamdulillah tidak kena denda dan tidak perlu buat SIM baru :). Dalam blog 'pelayan masyarakat' ditulis, jika terlambat kurang dari satu tahun tidak kena denda alias perpanjangan seperti biasa. Tetapi jika telah lebih dari 1 tahun, maka si empunya SIM harus buat SIM baru. Jadi, tidak ada istilah DENDA dalam perSIMan. Dasar hukum pernyataan di atas adalah PP No. 44 tahun 1993 ps. 214, ps. 224 ayat 1 dan 3.

Pagi ini dengan pedenya ke pos SIM keliling di Simpang 5 Semarang, oleh petugas diminta menunjukkan SIM dan KTP asli. Setelah dilihat, petugas menyatakan kalau saya harus mengurus langsung perpanjangan SIM ke pusatnya di daerah Johar, alasannya karena SIM sudah telat perpanjangan selama 6 bulan, kalau cuma 2 bulan masih bisa diperpanjang di pos SIM keliling.

Akhirnya ke kantor pusat pengurusan SIM di daerah Gereja Blenduk Johar. Tanya ke petugasnya, prosedur atau urut-urutannya  adalah sebagai berikut:


  1. Fotocopy SIM dan KTP sebanyak 2 lembar

  2. Tes kesehatan. Bayar Rp 30.000. Tesnya cuma tes buta warna atau tidak

  3. Bayar di loket bank BRI. Untuk perpanjangan SIM C bayarnya 75 ribu

  4. Ambil formulir di loket untuk diisi. Yang harus diisi yaitu nama, alamat, jenis permohonan SIM, SIM yang pernah dimiliki, dll

  5. Mengembalikan formulir ke loket. Tujuannya untuk diadministrasi di komputer dan diberi nomor antrian.

  6. Mengambil kembali formulir yang telah kita serahkan tadi. Nunggu lumayan lama

  7. Antri foto. Dengan membawa dokumen-dokumen yang diberikan petugas

  8. Ambil SIM. Kalau yang ini prosesnya cepat, malah ada yang baru keluar dari ruang foto udah dipanggil untuk ambil SIM yang sudah jadi


Kesan setelah melakukan perpanjangan, mudah dan tidak ribet. Denger-denger, semua petugas di kantor pusat pengurusan SIM ini diganti, jadi tidak ada lagi percaloan
Ya semoga saja konsisten, tidak ada lagi percaloan di tempat ini

2 comments:

Syukurlah nemuin blog sharing pengalam perpanjangan SIM ini. Jd sedikit lega. Masalahnya sy (pnduduk Semarang) jg telat memperpanjang SIM. Jatah habis sih tgl 19 Feb ini. Tp blm ada waktu luang tuk mengurusnya.
Sempet kaget ketika tetangga bilang kalau telat memperpanjang sehari aja dendanya ky buat SIM baru. Tapi untung dpt info dr sini. Thanks,Bro.. :)

terima kasih telah berkunjung. semoga bermanfaat

Post a Comment