Monday, December 17, 2012

Uangnya Tidak Habis-habis

antrian beli gadget baru

Hari jum'at lalu, perangkat telepon pintar atau smartphone terbaru keluaran Apple resmi masuk Indonesia. Smartphone dengan nama iPhone 5 ini dijual oleh beberapa operator seluler di Indonesia dengan memberikan iming-iming potongan 50% jika membayar dengan kartu kredit tipe tertentu. Karena iming-iming inilah yang mungkin menjadi faktor orang-orang rela berdesak-desakan mengantre untuk mendapatkan smartphone terbaru ini.

Walaupun sudah didiskon 50% ternyata harganya masih tetap terlalu mahal menurut saya. *kelihatan kalau orang miskin* yang membuat saya heran adalah, setiap ada launching smartphone baru pasti antriannya sangat banyak sekali, dan bahkan mereka yang mengantri itu rela malam-malam sudah berbaris mengantri. Apakah orang Indonesia kaya-kaya? sehingga setiap ada smartphone keren pasti antriannya berjubel. Apa yang ada di dalam pikiran mereka sehingga rela mengantri untuk mendapatkan smartphone incaran.

antrian gadget baru

Ada beberapa kemungkinan jawaban atas keheranan saya.

Pertama, yang pasti mereka punya uang banyak. kalau pun mereka tidak punya uang banyak, ya mereka punya utang banyak (dalam bentuk kartu kredit) :)). Bagaimana bisa mereka punya uang banyak? gajinya gede, kalau tidak, punya usaha yang keuntungannya melimpah. Bisa juga karena orang tua mereka kaya, bisa juga karena mendapatkan rejeki nomplok ( karena dapat hadiah, habis jual rumah).

Kedua, kemungkinan mereka gadget mania. Jadi, setiap ada gadget baru dan keren mereka rela merogoh kocek dalam-dalam. Bisa juga karena ingin tercatat sebagai pengguna gadget baru pertama.

Ketiga, mungkin mereka adalah seorang penjual. Tetapi kemungkinan ini kecil karena biasanya seorang penjual punya akses langsung ke distributor.

Keempat, penyakit mahalisme. Bagi mereka, gadget apapun kalau mahal akan dibeli.

Mereka yang rela antri untuk membeli gadget keren dan mahal tentunya punya uang yang tidak habis-habis, buktinya tiap ada gadget mahal dan keren antriannya panjang dan berdesak-desakan.

Postingan ini bukan karena syirik atau apa, tetapi hanya heran setiap ada launching gadget mahal dan keren diberitakan di media antriannya panjang dan kadang ada kericuhan. Itu saja!

sumber gambar kompas tekno

0 comments:

Post a Comment