Tuesday, December 18, 2012

Rantai Kalah dengan Gear, Penyakit Motor Bebek Honda?

rantai dan gear belakang motor

Sebenarnya ini masalah motorku beberapa bulan yang lalu. Karena mendengar suara rantai motor di jalan yang bunyinya krak... krak... krak. Aku lihat motor tersebut, o... ternyata motor bebek Honda. Bukan sekali ini saja saya mendengar suara krak... krak ketika berkendara di jalan, sering malah, dan rata-rata motor merk honda jenis bebek (revo atau supra), motor bebek merk lain hanya beberapa kali saja melihat.

Dulu, aku pikir suara krak... krak itu karena rantai longgar, ternyata setelah rantai dikencangin masih ada suara krak... krak pada rantai. Kemudian cari bengkel lain, kali ini ingin mengecek bearing-nya masih bagus atau tidak. Aku sampaikan permasalahan ke montirnya. Montir mengecek rantai dengan memutar roda belakang. Montir menyimpulkan kalau rantaiku yang kena. Katanya, rantai motorku kalah sama gearnya. Rantainya jadi aus. Montir menyarankan untuk ganti rantai saja. *berpikir*... dan aku memutuskan mencoba mengganti rantai saja (lebih murah dari pada mengganti satu set rantai + gear set). Setelah rantai baru dipasang dan dicoba, ternyata benar, bunyi krak... kraknya hilang. Sampai sekarang sudag tidak ada lagi bunyi krak... krak pada rantai.

rantai dan gear belakang

Honda itu motor sejuta umat. Terkenal karena iritnya dan tentu saja bandelnya. Tetapi jika semakin lama semakin banyak ditemukan kelemahan atau cacatnya, lama-lama juga tidak akan disebut motor sejuta umat. Bisa jadi sebutannya akan berpindah ke merk lain. Satu contoh lagi kelemahan motor bebek Honda, terutama untuk motor jenis Revo, banyak yang bilang kalau cat body Revo itu tipis banget. Jika dicuci dengan sabun khusu motor pun katanya bisa mengelupas catnya.

Itulah permasalahan yang terjadi pada motor bebek saya. Apa permasalahan motor bebek Anda?

0 comments:

Post a Comment