Sunday, December 23, 2012

Perbaikan Saluran Air



Saat ini di beberapa ruas jalan di Semarang, terutama di daerah yang kalau hujan mudah sekali menjadi banjir, berlangsung perbaikan saluran air atau gorong-gorong atau selokan. Selokan dibuat lebih lebar dan dalam dengan memasang box culvert. Diharapkan dengan dibuat lebih lebar dan dalam, ketika hujan tidak menyebabkan banjir di tempat tersebut. Selama ini, tempat-tempat yang sekarang diperbaiki selokan atau gorong-gorongnya, kalau hujan sedikit pasti sudah banjir.





Tempat-tempat yang selokan atau gorong-gorongnya diperbaiki yaitu di jalan Atmodirono, jalan Kimangunsarkoro, Kampung kali, dan Johar.

Sekarang sudah memasuki musim hujan, pengen tahu hasil dari perbaikan selokan dan gorong-gorong, apakah masih menyebabkan banjir atau tidak. Semoga saja perbaikan selokan atau gorong-gorong ini efektif mengatasi banjir di jalan tersebut, karena ada juga saluran air atau selokan atau gorong-gorongnya sudah diperbaiki dan dibuat lebih lebar dan dalam, tetapi tidak efektif karena pemilik bangunan disekitarnya tidak mengalirkan air ke selokan tersebut tetapi membiarkan air dari bangunannya mengalir ke jalan. Semoga perbaikan saluran air di tempat-tempat tersebut di atas, kasusnya tidak seperti yang saya utarakan tadi. Sudahdibuatkan saluran air yang baik harap dimanfaatkan dengan sebaiknya. Jangan digunakan untuk membuang sampah, atau malah di atasnya digunakan untuk berjualan. Kalau banjir, kita yang rugi sendiri. Iya tidak?

0 comments:

Post a Comment