Tuesday, November 27, 2012

SMB Customer Day Microsoft



Tidak percuma saya datang pada acaranya Microsoft Indonesia ini. Sebuah acara roadshow delapan kota untuk memperkenalkan produk baru Microsoft, dan acara di Semarang ini adalah kota ketiga setelah Bandung dan Jakarta. Acara yang bertajuk SMB (Server Message Block *bener gak sih* Small and Medium Business *ini baru benar*) Customer Day ini berlangsung di Puri Lobby Hotel Ciputra Semarang. Berlangsung dari jam 11.30 siang sampai jam 4 sore. Tamu undangan adalah dari perusahaan-perusahaan yang menggunakan produk-produk Microsoft, bukan cuma dari Semarang, ada juga yang jauh-jauh datang dari solo.



Kalau bukan karena panitia menjapri secara langsung dengan telepon langsung dari Jakarta, mungkin aku akan ragu-ragu untuk datang, soalnya kerjaan sedang menumpuk. Ternyata, datang di acara ini tidak sia-sia, banyak hal baru yang aku dapat. Sebelumnya aku tidak begitu tahu seperti apakah Windows 8 itu dengan kelebihannya. Dari mendengarkan pembicara yang menyampaikan tentang Windows 8 dan fitur-fitur atau aplikasi yang ada di dalamnya, aku jadi tahu betapa Windows 8 itu sungguh menarik. Ada aplikasi yang menjadi kelebihan di OS besutan Microsoft ini.



Salah satunya seperti yang disampaikan oleh pembicara yaitu aplikasi perencanaan jalan-jalan atau wisata. Misal kita ingin berwisata ke Jakarta, kita tinggal cari di aplikasi dengan mengetikkan 'jakarta', *semarang belum ada* kemudian akan muncul berbagai pilihan tempat berwisata di Jakarta. Pilih salah satu wisata yang ingin kita kunjungi. Aplikasi akan menampilkan informasi tentang tempat wisata yang kita minati. bedanya dengan aplikasi serupa di OS lain yaitu, gambar pada aplikasi ini tidak hanya satu dimensi, tetapi tiga dimensi. Jadi, kita kalau misalnya mau berkunjung ke Monas, yang ditampilkan bukan cuma gambar menara yang menjulang, tetapi jika kita geser ke kiri atau ke kanan, akan menampilkan gambar sekelilingnya. Jadi, kita bisa tahu bukan cuma gambar menara yang menjulang tetapi juga lingkungan di sekitar Monas.



Contoh lain lagi, kalau kita mau membaca berita, kita tidak perlu berpindah dari satu situs ke situs lain. Kita cukup membuka satu aplikasi bawaan windows 8, maka kita bisa membaca berita apa saja yang kita suka. Misal kita suka membaca berita tentang liga Inggris, maka kita tinggal search 'liga inggris'. Jika di liga inggris kita ngefans sama Manchester United misalnya, kita bisa tahu tentang berita yang berkaitan dengan tim ini, mulai dari pencetak gol terbanyaknya, asisst terbanyak, ataupun pemain yang sedang cedera, dll.

Saat presentasi tentang Windows server 2012, saya hanya bisa melongo. Kalau soal yang satu ini, saya angkat tangan tinggi-tinggi. Walaupun begitu, saya dapat mengambil sedikit tentang kelebihan Windows server, terutama jika kita mengaktifkan Virtual Private Server (VPS) *bener gak ya* Jika server fisik kita butuh 10 server untuk menunjang operasional jaringan, dengan mengaktifkan VPS, maka kita mungkin hanya butuh 5 server. Hemat listrik, tempat, biaya operasional, dll.

Setelah break dengan ngopi-ngopi dan makanan ringan, acara dilanjut dengan penyampaian materi selanjutnya yaitu tentang office 365 dan office 2013. Office 365? baru dengar sekali ini. Ternyata, office 365 itu adalah program lengkap; office (excel, word, power point, acces) dan aplikasi chatting (bisa suara dan video). Yang menarik dari office 365 adalah kita bisa sharing desktop. Jadi misalkan kita chatting dengan teman, desktop yang ada di komputer kita bisa di sharing dengan teman yang kita ajak mengobrol, dan teman kita itu bisa membuka aplikasi-aplikasi yang ada di desktop kita. Bisa juga sharing dan edit dokumen secara real time. Menarik bukan. untuk info lebih lanjut mengenai office 365 bisa dilihat di office365.co.id

Sedangkan untuk office 2013, untuk excel-nya, semakin memudahkan bagian keuangan atau accounting untuk melakukan pengelompokan biaya atau untuk analisa sales atau penjualan.  Jadi di office 2013 ini, kita dapat dengan mudah mengelompokkan data. Misal kita ingin mengelompokkan data tentang biaya listrik, maka kita tinggal ketikkan 'listrik' pada sel kosong, maka hasilnya akan muncul di bawahnya, keterangan beserta rupiahnya. Menarik bukan

Saya rasa, acaranya terlalu singkat. Tak terasa udah jam 4 sore dan acara harus segera diakhiri. Sebelum acara ditutup, panitia akan memberikan sebuah doorprize. Kartu-kartu nama yang ada di dalam kotak yang dikumpulkan pada saat registrasi akan dipilih salah satunya untuk pendapatkan doorprizenya. Dan yang beruntung adalah.... jeng...jeng....



Terima kasih panitia atas makan-makannya :)), terima kasih pembicara atas promosi produknya dan pengetahuan yang begitu menarik. Tidak lupa juga, terima kasih atas hadiahnya :))))

 

1 comments:

gan hadiah door prizenya apa ya?

Post a Comment