Saturday, November 24, 2012

Hari Asyura dan Karbala

image

Karbala adalah salah satu kota di Irak yang jaraknya sekitar 100 km dari pusat ibu kota Irak, Baghdad. Karbala dulu merupakan pusat keagamaan Syiah, kini berpindah ke Najaf. Penyebab perpindahan ini adalah akibat berakhirnya kekuasaan Kesultanan Usmaniyah pada tahun 1843.


Hari Asyura adalah hari pada tanggal 10 bulan Muharram dalam penanggalan Islam. Bagi umat syiah, hari itu adalah hari berkabung karena pada hari itu, Husain bin Ali, yang merupakan cucu Nabi Muhammad SAW meninggal dalam pertempuran di padang Karbala. Sedangkan bagi umat Sunni, hari itu merupakan hari kebebasan karena pada hari itu menurut mereka adalah hari bebasnya Nabi Nuh dan umatnya dari banjir besar; Nabi Ibrahim selamat dari apinya Raja Namrudz; kesembuhan Nabi Yakub dari kebutaan dan bertemu kembali dengan anaknya, Nabi Yusuf; Nabi Musa selamat dari kejaran Fir'aun dan pasukannya, Nabi Isa diangkat ke surga setelah usaha Roma untuk menangkap dan menyalibnya gagal.

Bicara rentang Hari Asyura dan Karbala, saya jadi ingat pernah membeli sebuah novel yang berjudul KARBALA, novel yang bercerita tentang pertempuran di pa dang Karbala antara pasukan Bani Hasyim yang dipimpin oleh Husain bin Ali dengan pasukan Bani Ummayah yang dipimpin oleh Ibnu Ziyad. Pada hari itu, 10 Muharram atau biasa di sebut sebagai hari Asyura, Husain dan seluruh pasukannya gugur di medan perang.

Perang di padang Karbala ini menurut saya merupakan catatan kelam perpolitikan di sebuah negara, betapa demi kepentingan politik, saudara atau keluarga diperangi, tujuannya cuma satu, KEKUASAAN. Masih mikir, kapan mau membaca novel ini.

0 comments:

Post a Comment