Saturday, November 10, 2012

Bingung Mau Bisnis Apa

[caption id="" align="alignleft" width="553"] pembicara acara #eduAXIS, mas Ilik sas dan Pak Blontank Poer[/caption]

Kira-kira begitulah yang dirasakan sebagian besar dari mereka yang punya niatan berbisnis tetapi bingung mau bisnis apa. Hal yang sama juga saya rasakan ketika ingin berbisnis. Timbul keinginan berbisnis karena mendengar, membaca, dan melihat mereka yang telah berhasil menapaki dunia bisnis. Ingin jadi seperti mereka yang telah berhasil, selain materi yang didapat juga ketenaran karena bisnisnya tersebut.

Kemudian kesana-kemari mengikuti kelas-kelas entrepreneurship ataupun sharing-sharing yang dilakukan komunitas ataupun yang dilakukan oleh operator seluler, seperti yang dilakukan AXIS dengan acaranya #eduAXIS yang baru-baru ini saya ikuti. Untungnya saya ikut komunitas online, sehingga ilmu-ilmu bisnis dan kewirausahaan yang saya dapat tidak perlu bayar. Tetapi semua itu ternyata belum cukup bagiku untuk melangkah menapaki dunia bisnis. Masih bingung dengan "mau bisnis apa?

"Kalau takut melangkah mana bisa kita maju", "Bisnis itu tidak untuk diwacanakan tetapi dilakukan". Dua quote di atas yang mendorongku untuk berani memulai bisnis. Saya ini seorang accounting, kalau mau membuka jasa akuntan publik tidak mungkin karena bukan cuma butuh pengalaman tetapi juga terdaftar sebagai akuntan. Kalau mau jadi konsultan pajak juga tidak mungkin karena saya belum punya sertifikat brevet A ataupun B. Jadi, paling cocok bisnis apa?

Akhirnya, pilihan jatuh pada bisnis jual buku online. Bisnis ini memungkinkan karena saya bekerja di sebuah perusahaan penerbitan yang produknya tidak lain adalah buku-buku bacaan. Tidak semua buku terbitan perusahaan tempat saya bekerja saya pasarkan lewat online, hanya buku yang menurut saya unik jadi pilihan, yaitu buku-buku daya batin, kepustakaan jawa, kesehatan, dan novel. Untuk novel, saya hanya menjual novel yang ada kaitannya dengan sejarah atau religius.

Sebenarnya, perusahaan tempat saya kerja sudah memiliki situs untuk jualan online, karena menurut saya tidak efektif, maka saya menjual buku-buku terbitan perusahaan saya itu melalui situs jual beli online. Hasilnya, ada yang tertarik dan membeli buku-buku yang saya pajang. Saya menjual buku sesuai harga pasaran, keuntungan saya peroleh dari diskon yang diberikan perusahaan. Untuk pembeli karyawan sendiri, diskonnya bisa mencapai 20%. Dua puluh persen itulah keuntungan saya. Lumayan, bisa buat beli makan siang.

[caption id="" align="alignnone" width="445"] contoh buku yang saya jual online[/caption]

Selain memajang buku-buku di situs jual beli online, saya juga memajang buku-buku tersebut di blog pribadi ini. Biar semua pada tahu kalau saya jualan buku, kadang saya twit-kan jualan saya ataupun facebook-kan dagangan saya, juga sering nyepam di forum yang terkenal di Indonesia itu, dengan harapan bertambah pembeli.

Karena sudah merasakan berbisnis dan mendapatkan keuntungan, saya jadi ingin menjajal bisnis di bidang lain tetapi masih tetap jualan secara online. Rencananya, saya ingin berjualan kaos, celana panjang atau pendek, dan jaket. Sekarang ini sedang mempersiapkan segala perlengkapan untuk mewujudkan keinginan tersebut, juga mengumpulkan modal tentunya.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga mempunyai rencana untuk memulai sebuah bisnis?

3 comments:

ingin berbisnis, silahkan brkunjung dsni, bukan bohongan sya udh buktikan...

http://www.idsurvei.com/survei/namaanda

I merely could hardly depart your internet site previous to hinting that we really loved the common data any person supply to the site visitors? Is actually gonna be again routinely to examine completely new articles

Magnificent items in this article. I'm quite pleased to check this page. Thank you and I am looking in front to feel you actually. Can you nicely fall us a send?

Post a Comment