Saturday, October 27, 2012

Berkorban Untuk Kepentingan Bersama

image

Hari ini, tanggal 28 Oktober bangsa Indonesia memperingati hari sumpah pemuda. Secara kebetulan juga  masih dalam suasana hari raya Idul Adha. Inti dari hari raya Idul Adha adalah berqurban untuk berbagi kebahagiaan untuk mereka yang tidak mampu mengkonsumsi daging karena keterbatasan ekonomi.


Lalu apa hubungannya dengan sumpah pemuda? Pemuda pemudi bangsa ini berkorban waktu, pikiran, dan tenaga untuk menyatukan tujuan perjuangan melawan penjajah kala itu. Dengan menyatukan tujuan maka perjuangan akan lebih ringan karena adanya persatuan. Kalau diumpamakan, menyapu halaman dengan seikat sapu akan lebih mudah daripada menyapu dengan sebuah lidi walaupun dilalukan oleh orang banyak.

Dengan adanya peringatan hari sumpah pemuda ini, semoga saja kita bisa merenungkan dan dapat mengambil hikmah, kalau saja tidak ada pemuda-pemudi yang mau berkorban demi mewujudkan persatuan negeri ini mungkin negera Indonesia tidak akan terbentuk seperti sekarang ini, yang ada mungkin akan terbentuk negara-negara kecil, atau malah kita belum merdeka.

Seharusnya, kita sebagai generasi muda bisa meneruskan apa yang telah dihasilkan pemuda-pemudi tempo dulu, yaitu menghasilkan sesuatu atau melakukan sesuatu untuk kemajuan bangsa Indonesia. Perjuangan pemuda-pemudi jaman dulu dinodai oleh ulah generasi saat ini dengan tawuran, membentuk geng-geng yang meresahkan masyarakat. Yang menurut saya sangat memprihatinkan adalah tawuran yang dilakukan mahasiswa di makassar sana, sudah mahasiswa kok mentalnya mental tawuran. Mau jadi apa mereka nantinya?

Selamat hari raya Idul Adha
Selamat hari Sumpah Pemuda untuk semua generasi muda negeri ini.

2 comments:

Mahasiswa Makassar kok identik dengan tawuran ya? :|

mungkin pengarus suhu udara?
katanya, tahun 80-an di semarang juga ada sebuah perguruan tinggi yang mahasiswanya suka tawuran

Post a Comment