Sunday, August 26, 2012

Bodo Kupat

image

Bodo kupat adalah tradisi masyarakat jawa. Konon, tradisi ini diperkenalkan oleh wali songo. Bodo kupat dalam bahasa Indonesia artinya hari raya ketupat. Ada berbagai macam versi tentang asal kata bodo kupat. Pertama, bodo kupat berasal dari kata , yang artinya selamatan untuk kesempurnaan (kaaffatan). Para wali setelah idul fitri biasanya puasa lagi selama enam hari, kemudian pada hari ketujuh melakukan selamatan untuk kesempurnaan puasa dan idul fitri. Lidah orang jawa menyebutnya selamatan kupat.





Kedua. Bodo kupat berasal dari istilah 'nyu kupake kang papat' atau menyempurnakan yang empat (puasa ramadhan, zakat, idul fitri, dan puasa sunah 6 hari di bulan syawal).

Tradisi untuk bodo kupat di tiap daerah bisa berbeda-beda. Contohnya di tempatku hanya melakukan selamatan di mushola atau masjid. Sedangkan tradisi di kampung sebelah, setelah selamatan di mushola atau masjid, ada tradisi bertukar makan ketupat antar tetangga, berkunjung ke rumah tetangga untuk makan ketupat, kemudian tuan rumah gantian datang ke rumah tamu untuk makan ketupat.

Tetapi, sekarang orang lebih suka membuat lontong untuk hidangan bodo kupat, padahal makna bodo kupat itu adalah pemakaian ketupat sebagai simbol.

1 comments:

Di daerah rumahku masih pake ketupat! :)
*nyam-nyam*

Post a Comment