Saturday, May 5, 2012

Seperti Membeli Kucing Dalam Karung

Membeli gadget dengan merek yang tidak dikenal itu seperti perumpamaan judul di atas. Karena kualitas, layanan service dan purna jual masih dalam tanda tanya. Bagus tidak kualitasnya.

Tetapi urusan kantong kadang memaksa kita untuk berpikir ulang jika mau membeli gadget bermerek, mahalnya itu. Lha kalau ponsel merek tidak terkenal, murah, tetapi dengan fitur gadget seperti gadget merek terkenal. Ada alasan lain membeli gadget merek tidak terkenal selain murah, yaitu kebutuhan. "wong cuma untuk telepon dan sms kok mahal2 ?!" Alasan terakhir ini bisa jadi sindiran untuk orang-orang yang mempunyai gadget merek terkenal dan harga mahal tetapi tidak bisa memaksimalkan fitur-fitur yang ada dalam gadget. Jadi, gadgetnya hanya untuk telepon dan sms saja. Jadi apa bedanya dengan gadget murah dan merek tidak terkenal.

Biar tidak seperti membeli kucing dalam karung, jika terpaksa harus membeli gadget merek tidak terkenal. Berikut ini saya rangkum dari berbagai sumber, kiat-kiat membeli gadget antah berantah :

Cari Review
Carilah review pemakai tentang gadget yang ingin kita beli sebanyak-banyaknya. Dari review tersebut kita bisa mengetahui kepuasan/ ketidakpuasan pemakai. Jika ternyata banyak yang menyatakan puas atas produk incaran kita itu, maka kita bisa membeli gadget pilihan itu. Tetapi jika ternyata banyak yang komplain dan tidak puas, pertimbangkan kembali untuk membeli gadget incaran. Lebih baik jika mencari gadget lain.
Kalau bisa, misalnya ada temen yang punya, kita bisa mencoba menggunakan langsung gadget incaran. Apakah setelah mencobanya kita tertarik, dan dirasa pas dengan keinginan. Tetapi kita harus tetap membaca review tentang gadget incaran, biar tidak kecewa di kemudian hari.

Layanan service dan Purna jual
Ini juga penting, apakah gadget incaran kita itu sudah mempunyai service center di kota kita. Jika belum, hati-hati saja, jangan sampai gadget yang kita beli rusak. Karena kalau rusak, proses perbaikannya akan memakan waktu yang lama.
Apalagi ya?...o iya, membeli gadget itu harus sesuai kebutuhan. Buat apa beli gadget dengan fitur-fitur canggih tetapi hanya kita gunakan untuk telepon dan sms saja. Tapi kalau untuk gaya-gaya an ya entah... Karena banyak lho, membeli gadget mahal hanya untuk gaya-gaya an. Pembuat gadget menagkap peluang tersebut dengan membuat gadget fashion. Misalnya gadget berlapirkan emas atau berlian.

Malah ngelantur! Biar tidak kecewa, biar tidak menyesal, kenali gadget yang ingin kita beli. Itu kuncinya, titik.

0 comments:

Post a Comment