Tuesday, May 8, 2012

Pelatihan Blog di FKM UNDIP

Minggu kemarin, tanggal 6 mei, anak-anak loenpia manggung lagi. Kali ini dapat undangan dari FKM Undip Semarang. Sempat tersesat di 'hutan belantara' kampus undip tembalang ketika mau ke tempat acaranya. Sempat tanya kesana kemari dan sedikit percaya diri, akhirnya sampai juga di tempat acara. Gedung DIII Perikanan. Makanya, dicari di kampus FKM ya tidak ketemu.Kami anak-anak loenpia yang terdiri dari saya, mbandah, jeepban, slams, eno, wedhouz, bangjomizan dan adiknya, oleh panitia dipersilahkan untuk singgah di sebuah ruangan. Disitu ruangannya tertulis 'ruang singgah dosen'. Setelah beberapa lama menunggu, akhirnya giliran kami untuk tampil datang juga. Panitia mempersilahkan kami memasuki ruang acara dan langsung naik panggung. Bukan untuk nyanyi lho.

Diawali dengan pemutaran video tentang loenpia, Jeeban membuka acara dengan gaya khasnya, becanda dan becanda. Pede aja dia walau cuma pake 'kolor'. Peserta kelihatannya juga sangat antusias mendengarkan setiap kata dan becandaanya. Dia menjelaskan secara umum apa itu blog, kegunaan blog, cara ngeblog yang baik dan benar, dan lain-lain. Sedangkan untuk cara membuat blog akan disampaikan oleh slams. Tetapi, acara teknis untuk membuat blog dibatalkan karena ternyata koneksi internetnya drop. Dan temen-temen loenpia tidak ingin kejadian pelatihan blog offline terulang lagi. Jangan sampai ada 'pelatihan blog offline 2'. Akhirnya acara diteruskan ke session berikutnya, yaitu pemanfaatan blog untuk kehumasan.

Sebagai pembicara untuk pemanfaatan blog untuk kehumasan adalah eno alias si naga centil. Ini anak ditunggu lama di cafe tetapi ngak nongol-nongol. Setelah pada mau bubar baru nongol. Padahal dia mengeluh belum makan. Akhirnya di tempat acara, lihat makanan langsung pengen makan, cuma sayang, makanannya oleh panitia ditaruh di meja seberang. Nasibmu no! Dia kelihatannya presentasi sambil melirih-lirih makanan di meja :D Keinginan menyambar makanan akhirnya kesampaian setelah acara selesai, yang lain pada foto-foto, dia menghabiskan semua makanan di meja. *kalimat terakhir bercanda*

Dalam presentasinya, eno membahas bagaimana sebuah blog dimanfaatkan oleh perusahaan untuk CSR (Corporate Social Responsibility) sebagai feedback bagi masyarakat. Blog bagi perorangan tidak cuma digunakan sebagai penyampaian unek-unek, suasana hati, pikiran dan perasaan, tetapi juga bisa menghasilkan uang dari hasil posting berbayar, ikut lomba, ataupun untuk jualan.

Saat hampir akhir acara, panitia bilang kalau koneksinya hidup lagi "apa mau dilanjutkan", tetapi kita sepakat, disudahi saja, soalnya jam juga sudah menunjukkan angka lima sore.

Yah... walaupun tidak sempurna, kita tetap senang dan panitia mengucapkan banyak terima kasih. Kelihatannya akan ada tawaran untuk pelatihan blog lagi. Kita, anak-anak loenpia siap! dan saya juga siap jadi penggembira :DDDD

0 comments:

Post a Comment