Saturday, April 28, 2012

Derby Manchester, Akankah Sepanas El Classico?

Setelah minggu lalu kita disuguhi derby el classico, Barcelona vs Real Madrid. Minggu ini kita akan terbang ke Inggris untuk menyaksikan derby Manchester, yaitu antara Manchester City vs Manchester United. Derby yang menurut orang tidak kalah seru dan tidak kalah panas dari pada derby El Classico. Pada derby El Classico minggu lalu di menangkan oleh Real Madrid. Bagaimana dengan derby Manchester ini, tim manakah yang akan memenangkan duel ini?

Beberapa perbedaan El Classico dengan Derby Manchester:


  • El Classico bisa diumpamakan pertarungan antara kubu kerajaan dengan kubu pemberontak. Kerajaan diwakili Real Madrid, dan pemberontaknya adalah kubu Barcelona

  • Derby Manchester adalah derby antara kekayaan dan kecerdasan. City bisa seperti sekarang ini karena di dukung dengan modal yang sangat besar, pemain-pemain berkelas dengan gaji tinggi. Sedangkan United adalah tim yang bisa seperti sekarang ini karena pembinaan pemain dan kecerdasan pelatihnya dalam meramu strategi di lapangan,

  • City kalau dibandingkan seperti Real Madrid, membeli pemain-pemain berkualitas dengan berani membayar tinggi. Bedanya, Real Madrid sudah menjadi tim kaya sudah sejak lama, sedangkan City baru-baru ini menjadi tim kaya setelah dibeli pemodal dari timur tengah.

  • United kalah dibandingkan seperti Barcelona, membina pemain untuk kemudian dipromosikan ke tim utama. Cuma, united akhir-akhir ini, tidak banyak pemain binaannya yang mampu menembus tim utama.


Jadi, apakah derby Manchester akan sepanas El Classico? Tentu saja. City ingin menang agar asa untuk mengangkat tropy liga tetap terjaga. Karena, jika menang, nilai City akan sama dengan nilai United. Jika pada akhir liga, nilai City tetap sama dengan nilai United, maka City yang berhak menjadi juara liga Premiere Inggris karena menang head to head. Begitu juga dengan United. Tujuan pertama adalah tetap menjaga jarak dengan city,  dengan menang atau pun seri. Kedua yaitu membalas dendam atas kekalahan memalukan di kandang sendiri.

0 comments:

Post a Comment