Sunday, March 4, 2012

Dongeng Tentang Sebuah Harapan

Bicara tentang dongeng, ingatan saya kembali ke masa lalu, cerita-cerita yang menina-bobokkan kita dengan cerita kepahlawanan atau cerita tentang kebaikan yang mengalahkan keburukan. Entah dari mana asal usul cerita tersebut. Apakah cerita tersebut benar ada? atau hanya khayalan belaka? Tidak ada yang tahu pasti.

Dongeng merupakan suatu kisah yang diangkat dari pemikiran fiktif dan kisah nyata, menjadi suatu alur perjalanan hidup dengan pesan moral yang mengandung makna hidup dan cara berinteraksi dengan makhluk lainnya. Dongeng juga merupakan dunia hayalan dan imajinasi dari pemikiran seseorang yang kemudian diceritakan secara turun-temurun dari generasi ke generasi. Terkadang kisah dongeng bisa membawa pendengarnya terhanyut ke dalam dunia fantasi, tergantung cara penyampaian dongeng tersebut dan pesan moral yang disampaikan

Maaf sebelumnya, ramalan Jayabaya atau ronggowarsito tentang Satria Piningit yang akan membebaskan negeri ini dari huru hara. Bisa jadi merupakan sebuah dongeng atau hayalan belaka.

Kenapa bisa ada dongeng? Karena rakyat itu butuh pemimpin yang ideal, yang adil terhadap rakyat dan memberikan rasa aman rakyatnya. Maka, muncullah dongeng-dongeng tentang kepahlawanan atau tentang kebaikan yang mengalahkan keburukan.

Di zaman sekarang, dongeng-dongeng seperti itu juga ada. Seperti yang sedang ramai di internet, kisah tentang seorang nenek yang mencuri untuk menghidupi anak cucunya, harus tetap dihukum untuk menegakkan hukum, tetapi hakim juga menjatuhkan denda kepada setiap yang hadir dalam persidangan karena telah membiarkan orang kelaparan dalam lingkungan mereka, dan seterusnya..

Karena harapan tentang pemimpin yang adil dan dapat memakmurkan rakyatnya tidak bisa terwujud, maka rakyat mewujudkannya dalam bentuk dongeng.

Apakah kita hanya akan selamanya hidup dalam negeri dongeng? Bukalah hati kalian wahai para pemimpin negeri ini.

sumber gambar : daharaprize.com

Related External Links

0 comments:

Post a Comment