Sunday, February 12, 2012

Shaun The Sheep

Dari judul di atas anda tentu sudah tahu, yup...film animasi shaun the sheep ini emang lagi populer. Sebenarnya film ini udah ada dari dulu, saya melihat di datebase situs download, film Shaun the sheep telah di upload tiga tahun lalu. Shaun the sheep jadi populer karena ditayangkan di salah satu televisi swasta kita.

Pertama kali melihat kok kelihatan bagaimana gitu, tidak seperti animasi-animasi lagi. Gerak dari animasi shaun the sheep terlihat kaku. Setelah cari info sana sini jadi maklum tapi juga takjup. Maklum karena ternyata, animasi shaun the sheep bukan hasil rangkaian gambar-gambar yang menjadi sebuah film, tetapi rangkaian gerak boneka yang menjadi film. Boneka? ya...boneka, yang di casting. Bonekanya digerakkan sedikit demi sedikit dan dilakukan pengambilan gambar untuk setiap perubahan gerak dan perubahan mimik boneka. Di setiap episode, ada sekitar 1500 gerak. Kalau melihat hasilnya sepertinya kok sepele, tetapi sebenarnya proses produksinya sangat rumit.

Proses pembuatan animasi shaun the sheep dilakukan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut :
1. membuat storyboard dan storyline, istilahnya naskah cerita dan setting cerita
2. persiapan media dan space, yang berupa rumput-rumput, rumah-rumahan, pohon-pohonan, meja, rerimbunan tanaman. Media tersebut direkatkan pada dengan magnet
3. Kostum dan propertinya, semua dikerjakan secara manual untuk menghasilkan bentuk yang terbaik. Mahkota yang dipakai ibunya timi atau perlengkapan rumah dan alat-alatnya serta alat pertanian juga dibuat secara manual.
4. Pembuatan Karakter Tokoh

Apa sih menariknya shaun the sheep? menurut beberapa temen, lucu. Sedang menurut saya, selain lucu, film shaun the sheep juga lebih santun. Setiap ada masalah pasti dapat terselesaikan tanpa menimbulkan masalah. Coba bandingkan dengan spongeboob. Dalam spongeboob, masalah kadang tidak terselesaikan tapi malah menimbulkan masalah. Jadi untuk ditonton anak-anak sangat rekomended

0 comments:

Post a Comment