Friday, January 20, 2012

Makhluk Hidup Pasti Tumbuh dan Berkembang

Menurut ilmu biologi, setiap makhluk yang hidup yang masih bernyawa pasti tumbuh dan berkembang. Tetapi disini saya tidak ingin membahas tentang ilmu biologi. Saya ingin membahas sebagian kecil saja dari bagian makhluk hidup, dan makhluk hidup yang ingin saya bahas disini adalah yang bernama manusia.

Dalam diri manusia ada satu bagian penting yang bukan fisik yaitu yang namanya sifat. Setiap manusia memiliki ciri, dan ciri itu dalam bentuk sifat. Kadang kita juga menghafal seseorang juga karena sifatnya. Misal adi si pemarah, adi si mulut besar, dsb.

Seperti pengantar saya di paragraf awal bahwa setiap makhluk yang hidup pasti tumbuh dan berkembang. Sifat manusia juga bisa tumbuh dan berkembang. Kalau tumbuh bisa lebih baik atau bisa juga sebaliknya, menjadi tidak baik. Kalau berkembang, manusia bisa menjadi lebih dewasa atau malah semakin kekanan-kanakan. Mungkin tidak kalau sifat itu statis? Kalau pemarah ya pemarah terus, kalau pendiam ya pendiam terus. Mungkin saja, tetapi untuk mengimbangi perubahan lingkungan dan tuntutan dalam kehidupan, seseorang kadang dituntut untuk merubah sifatnya. Misalnya, dalam kehidupan berkeluarga, egoisme harus dikendalikan agar hubungan dengan pasangan dapat berjalan lancar. Atau, jika ada sifat buruk yang sepertinya tidak baik jika dipertahankan dalam kehidupan berkeluarga, maka sifat buruk tersebut harus dirubah.

Contoh kasus. Temenku telah berkeluarga selama dua tahun dan telah dikaruniai seorang putra. Sebelum menjadi istri temanku, si A adalah pribadi yang dikenal keras kepala. Ketika sudah menjadi istri temanku pun sifat keras kepala itu tidak sedikitpun hilang dari dirinya. Harusnya, sebagai sebuah tuntutan dalam berkeluarga, sifat buruk tersebut harus dikendalikan atau kalau bisa dikurangi. Kalau tidak, bisa fatal akibatnya. Akhirnya, temanku dan istrinya bercerai, ya itu tadi karena tidak mau mengubah sifat buruk.

Setiap makhluk pasti tumbuh dan berkembang. Jadi mengapa sifat juga tidak ditumbuhkan dan dikembangkan ke arah yang lebih baik?

0 comments:

Post a Comment