Tuesday, January 24, 2012

Indonesia Bercerita, Apa Itu?

kelas penceritaDalam bayangan saya adalah kelas tempat belajar untuk menjadi pencerita. Dan apa yang ada dalam bayangan saya benar adanya. Jarang-jarang ada kegiatan seperti ini.

Pencerita atau pendongeng yang kita kenal mungkin adalah orang tua kita atau kakek nenek kita, yang bercerita sebagai pengantar tidur kita. Tetapi zaman sekarang, anak-anak ketika mau tidur tidak lagi didongengi, karena pengaruh zaman, bercerita atau mendongeng dianggap sebagai kuno. Orang tua lebih suka meninabobokkan anaknya dengan perangkat elektronik yang berupa audio maupun video.

Mengapa orang tua sekarang enggan bercerita? Mungkin karena kesibukan sehingga orang tua tidak ada waktu lagi untuk bercerita ketika anak mau tidur. Perangkat audio dan video adalah sebagai ganti keengganan atau karena ketidakadaan waktu bagi orang tua untuk bercerita.

Apa keunggulan orang tua bercerita? Kalau orang tua yang bercerita, maka akan ditunjukkan baik dan buruk, serta ditunjukkan hikmah dari sebuah cerita. Coba kalau anak-anak menonton film di televisi, apakah juga ditunjukkan yang baik dan buruk, dan apakah juga diberikan hikmah dari film di televisi. Kalau anak ketika menonton televisi didampingi orang tua, mungkin orang tuanya bisa menunjukkan baik dan buruk, serta hikmah dari film yang ditonton tersebut. Kalau menontonnya tanpa didampingi orang tua? Anak disuruh memahami sendiri, dan jika pemahamannya salah, ini bisa jadi bahaya bagi perkembangan si anak tersebut.

Adalah kak @bukik bersama rekan-rekannya yang mempunyai keprihatinan terhadap hilangnya budaya bercerita dengan membuat gerakan indonesia bercerita. Dengan slogan : "Mendidik melalui cerita. Membebaskan Imajinasi Anak, Membangun Karakter Bangsa". Tentang organisasi ini bisa dilihat di alamat situs http://indonesiabercerita.org dan facebook di http://facebook.com/IndonesiaBercerita serta akun twitter @idcerita. Gerakan yang telah diperjuangkan kurang lebih satu setengah tahun yang lalu dari surabaya kini sudah mempunyai volunteer-volunteer di beberapa kota di Indonesia.

Semoga dengan digalakkannya kegiatan Indonesia bercerita ini bisa menyadarkan orang tua bahwa bercerita kepada anak-anaknya itu mempunyai manfaat yang luar biasa bagi perkembangan anak. Membentuk karakter anak. Bukan masalah kuno atau tidak, manfaatnya lebih besar dari pada memperhitungkan gengsi.

Sebagai salah satu kegiatan dari Indoensia bercerita adalah diadakannya kegiatan kelas bercerita. Dalam kelas bercerita ini, akan ada seorang profesional yang memang kegiatannya adalah sebagai pencerita. Seorang profesional ini akan berbagi ilmu bagaimana bercerita yang baik dan menarik. Selain itu, di dalam websitenya, Indonesia bercerita juga menyediakan cerita dalam bentuk mp3 yang bisa diunduh secara gratis.

Jadi. Jika kita peduli dengan perkembangan anak Indonesia, mari kita dukung niat mulia komunitas Indonesia Bercerita ini.

0 comments:

Post a Comment