Thursday, January 12, 2012

Berkendara Aman di Musim Hujan

berkendara saat hujanSekarang sudah memasuki musin hujan. Walaupun lagi musim hujan, bukan berarti aktivitas kita terhenti. Kalau aktivitas berhenti, mau makan apa kita. Tidak kerja tidak dapat uang. ya ngak?

Saya tidak akan memberikan tips-tips ampuh atau jitu berkendara aman di musim hujan. Saya cuma mau sharing pengalaman berkendara di musim hujan. Properti atau peralatan yang harus dipersiapkan ketika berkendara di saat hujan, khususnya berkendara dengan sepeda motor, yaitu :

Jas Hujan. untuk melindungi pakaian kita agar tidak basah, tidak kedinginan, dan mencegah masuk angin. Apa hubungannya jas hujan dengan berkendara aman. Kalau berkendara dengan memakai jas hujan saat kehujanan, berkendara jadi lebih nyaman dan tidak 'grusa-grusu' alias ngebut karena tidak kawatir kehujanan. Coba kalau tidak pakai jas hujan? pasti hawanya pengen cepet-cepet biar tidak basah kuyup. Lha...karena pengen cepet-cepet alias ngebut inilah menyebabkan berkendara tidak aman.

Tool Kit. Obeng, tang, alat pembuka busi motor, dan kain, adalah tool kit yang harus selalu dibawa, siapa tahu tiba-tiba motor kita mogok di tengah jalan karena kehujanan. Dan tool kit yang saya sebutkan di atas bisa jadi pertolongan pertama ketika motor kita mogok. Dan biasanya, jika motor kita mogok karena kena air itu karena sistem pengapian motor yang bermasalah, mungkin karena kemasukan air, atau businya yang bermasalah.

Obat-obatan. Ini untuk mereka yang tidak tahan dengan air hujan. Kena sedikit saja air hujan, langsung masuk angin, sakit kepala, dll. Jadi dengan mempersiapkan obat-obatan untuk mengatasi sakit karena kena air hujan, kita dapat segera menangani atau mencegah sakit menjadi lebih parah.

Yup! mungkin itu saja sharing yang dapat saya tuliskan, mungkin lain kali bisa disambung lagi. Semoga bermanfaat.

gambar semena-mena diambil dari sini

 

0 comments:

Post a Comment