Monday, August 15, 2011

teknologi netral Telekomunikasi

Pemerintah menargetkan penyelesaian pembahasan penerapan teknologi netral pada September tahun ini, sebagai langkah mengakomodasi masuknya semua jenis teknologi generasi keempat (4G) di frekuensi 2,3 GHz.

Menkominfo Tifatul Sembiring mengatakan dalam aspek telekomunikasi, kemajuan teknologi dinilai tidak dapat dibendung atau tidak dapat dikunci pada satu jenis teknologi tertentu, mengingat perkembangannya sangat pesat.

Menurut dia, sejumlah teknologi meliputi WiMax 16d (fixed), WiMax 16e (mobile), hingga Long Term Evolution (LTE) merupakan teknologi 4G yang harus diakomodasi, yang semuanya juga sudah berjalan di sejumlah negara lain.

Dalam hal ini pembahasan WiMax difokuskan untuk menjajaki fungsi WiMax 16e bisa dijalankan dari perangkat WiMax 16d, di mana pengkajiannya dilakukan untuk dapat mengetahui kemungkinan penggunaan perangkat yang telah banyak diproduksi industri lokal.

Selain itu, pengkajian penerapan teknologi netral di frekuensi 2,3 GHz juga bersamaan dengan segera habisnya izin penggelaran WiMax 16d seluruh operator, sehingga dimungkinkan penggelaran tender baru yang mengakomodasi teknologi lain.

"Teknologi tidak dapat dikunci pada satu jenis tertentu, seperti LTE yang sudah jalan [di negara lain]. Kalau nanti teknologi netral diterapkan, ada persyaratan-persyaratan tertentu yang harus dipenuhi operator. Diharapkan September sudah selesai," ujarnya setelah pelepasan tim test drive layanan telekomunikasi, hari ini.

Direktur Perencanaan dan Pengembangan Telkomsel Hervini Haryono menilai pengkajian terhadap penerapan teknologi netral merupakan langkah untuk mengejar kemudahan dalam mengakomodir masuknya berbagai jenis teknologi.

"Dengan begini akan lebih masuk akal, di mana semua jenis teknologi 4G baik WiMax 16d, WiMax 16e, dan LTE dapat masuk. Pemerintah harus terus memperhatikan aktivitas industri yang terus berkembang," jelasnya.

Anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Nonot Harsono pernah menuturkan rencana penerapan teknologi netral yang mengakomodasi masuknya WiMax 16d, WiMax 16e, dan LTE lebih dinamis dalam menghadapi perkembangan teknologi.


sumber : bisnis.com

0 comments:

Post a Comment