Saturday, August 13, 2011

Android Ice Cream Sandwich


Google Inc berencana merilis sistem operasi terbarunya, Android Ice Cream Sandwich pada bulan Oktober 2011. Ini bukan es krim tapi nama kode sistem operasi Android versi mendatang. Ice Cream Sandwich merupakan perwujudan dari rencana besar Google menyajikan satu sistem operasi modular untuk smartphone dan tablet.

Menurut sumber situs teknologi BGR, Google memang sengaja memilih waktu yang hampir bersamaan dengan peluncuran iPhone 5. Entah apa alasan di balik itu, yang jelas Google tak ingin ketinggalan momen dengan hadirnya ponsel generasi kelima dari Apple Inc.

Sebenarnya, gaung Android Ice Cream Sandwich sudah terdengar sejak awal tahun lalu. Namun saat ini raksasa teknologi asal California itu masih berkonsentrasi dengan pemasaran platform Android Gingerbread untuk ponsel dan Android Honeycomb bagi perangkat tablet.

Mengutip situs Gizmodo, Android Ice Cream Sandwich merupakan perpaduan antara platform ponsel dan tablet. Singkatnya, ini adalah satu platform untuk segala perangkat.

Sistem operasi terbaru ini nantinya juga bisa menjalankan tayangan tiga dimensi yang diklaim lebih apik dan menyediakan fitur pengenalan wajah.

Lalu perangkat apa saja yang bisa berjalan dengan platform teranyar itu? Dalam kesepakatan dengan 84 vendor yang memproduksi ponsel Android yang tergabung dalam Open Handset Alliance, Google menjanjikan setiap vendor memiliki kesempatan untuk mengadopsi versi terakhir dari sistem operasi Android sesaat setelah resmi diluncurkan.

Sistem operasi terbaru Android muncul sebelum waktunya. Versi Android terbaru ini menjembatani gap antara tablet dan ponsel. Mari kita tengok sekilas apa yang membedakan Ice Cream Sandwich dari versi sebelumnya.

Dari sisi tampilan muka, Ice Cream Sandwich banyak memakai warna biru di notifikasi dan ikon, menggantikan warna hijau yang digunakan sebelumnya. Bar notifikasi ini juga sedikit dipoles, sebuah perubahan pertama yang dilakukan semenjak Eclair.

Warna biru juga dipakai dalam layanan email Gmail, disesuaikan dengan warna OS terbaru ini. Bar pencarian Google bisa dilihat di paling atas seperti Honeycomb dan ada perubahan desain di app launcher dan app drawer-nya.

Untuk fitur baru, Google menambahkan mode di software kameranya di mana yakni panorama. Diramalkan ponsel Nexus Prime akan menjadi piranti pertama yang menggunakan Ice Cream Sandwich.

Akankah Google menguasai sistem operasi peranti mobile mulai dari smartphone hingga tablet? Perlawanan kuat akan datang dari Apple yang akan meluncurkan iOS5.

Setidaknya akhir tahun ini memang pertarungan sistem operasi di dunia mobile phone akan ramai, karena masih ada Windows Phone 7. Di sini Microsoft telah bekerja sama dengan Nokia. Selain itu, juga ada Blackberry 7 OS, dan Hewlett-Packard yang telah mengusung WebOS setelah mengakuisisi Palm.

sumber : detik.com, tempointeraktif, engadget

0 comments:

Post a Comment