Wednesday, February 16, 2011

Tiga Operating System (OS) Dalam Satu KOmputer

Kemarin saya berhasil menginstall tiga buah operating system atau lebih singkat dengan istilah OS. OS yang saya instal yaitu Windows XP Profesional, Blankon Sajadah (versi muslim untuk Blankon Umbilin 6.1), dan OS terakhir yang saya instal adalah Linux Mint.

Sebagai orang awan yang tidak mempunyai pengetahuan tentang IT, bisa menginstal tiga OS dalam satu komputer bagiku adalah sebuah prestasi besar.
Kenapa saya menginstal OS linux? ya...karena ingin coba saja. Atau mungkin saja sudah menjadi sifat manusia 'Kalau gratis kenapa tidak dicoba'. Statement saya dalam tanda kutip abaikan saja. Alasan sebenarnya adalah karena rasa ingin tahu saya tentang Linux. Kenapa saya menginstal Blankon dan Linux Mint? Karena yang siap tersedia untuk di instal OS itu, jadi tidak ada alasan lain.

Sebenarnya saya tidak langsung sukses menginstal Linux. Percobaan pertama saya gagal. Pada percobaan pertama, saya menginstal Ubuntu dan Mandriva, (Windows XP udah bawaan komputer). Pertama saya instal Ubuntu, kemudian baru mandriva. Mandriva sebenarnya sukses terinstal. Tapi ketika pas booting awal ada beberapa error. Error pertama adalah yang muncul di GRUB hanya Windows XP dan Mandriva, sedangkan Ubuntu entah raib kemana. Error kedua, ketika masuk Mandriva ternyata juga error, tidak bisa masuk. Akhirnya, instal-an Ubuntu dan Mandriva saya hapus lewat Windows menggunakan program partisi EPM.

Percobaan kedua berhasil. Tapi saya tidak lagi memakai Ubuntu dan Mandriva. Saya memakai Blankon dan Linux Mint. Yang pertama saya instal adalah Blankon. Extensi partisi untuk Blankon saya menggunakan ext3, sedangkan extensi untuk Linux Mint saya menggunakan ext4. Hipotesa saya atas kegagalan penginstalan pertama adalah karena saya menggunakan extensi yang saya untuk Ubuntu dan Mandriva yaitu ext3 semua.

Demikian sedikit pengalaman saya menginstal tiga OS dalam satu komputer. O iya, Blankon dan Linux Mint saya buatkan partisi sendiri-sendiri, tidak berdampingan dengan Windows XP (dalam penginstalan OS ada opsi ini).

0 comments:

Post a Comment