Wednesday, February 2, 2011

Review Dell Inspiron Duo

Dell Inspiron Duo adalah sebuah proyek ambisius Dell. Layar yang dapat diputar dan menerapkan OS Windows 7 bekerja pada sebuah netbook.

Layar dapat diputar secara mekanis, dengan bertumpu pada sendi engsel tunggal yang dihubungkan pada bingkai layar tepat pada sumbu layar. Kelebihannya, mekanis Layar berputar Dell Inspiron Duo dapat berputar 180 derajat dan sisi-sisinya dapat menyangga dengan kuat layar yang dapat diputar. Magnet terus ditempat ketika dalam mode tablet dan penyangganya kokoh sehingga tidak akan ada kecelakaan yang tak terduga.

Kekurangannya, layar untuk sementara maksimal hanya 1366 x 768 pixel. Ketika dalam mode tablet, bingkainya kelihatan besar sekali. Ketika dilihat dari sudut vertikal, gambar tidak jelas.

Kualitas Dell Inspiron dari segi hardware adalah lumayan bagus untuk kelas netbook. Kokoh, dengan soket tertutup untuk mencegah pasir, debu, dan benda-benda kecil lain masuk ke dalam soket. Untuk keyboard, kualitasnya bagus, respon keyboard ketika menerima tekanan bagus.

Kelemahan Dell Inspiron Duo yang bisa menjadi masalah besar adalah tidak adanya port Ethernet, tidak ada slot kartu SD, tidak ada port HDMI dan juga port untuk VGA. Yang disematkan hanya dua port USB dan sebuah soket audio jack 3,5 mm.

Bila dibandingkan dengan iPad, Dell Inspiron tidak lebih portable daripada iPad. Coba bayangkan ketika dalam mode tablet, Dell Inspiron Duo ketebalannya mencapai 28,7mm. Ketebalannya hampir dua kali lipat ketebalan iPad.

Sebenarnya layar sentuh Dell Inspiron sangat responsif, tapi ketika operating system yang disematkan ke dalamnya adalah Windows 7, layar sentuh kapasitifnya menjadi percuma karena Windows 7 tidak mendukung sentuhan 'cubitan' atau 'geser'. Ditambah lagi bug-bug pada Windows 7 yang sangat menjengkelkan.

Dell Inspiron dalam mode netbook, spesifikasinya hampir sama dengan netbook sejenis. Layar 10.1 inch, 2GB RAM DDR3, prosesor dual atom N550, cukup nyaman untuk membuka banyak tab ketika browsing internet. Untuk Broadcam Crystal HD Media Accelerator bekerja dengan baik melalui video HD online. Ini adalah kelebihan karena tidak semua prosesor belum tentu berjalan dengan baik.

Kinerja netbook adalah standar, sedangkan kelemahannya adalah boros baterai. Untuk browsing internet, baterai hanya bertahan kurang dari tiga jam.
Untuk sisi grafis, Dell Inspiron sudah disematkan Nvidia Ion dan Ion 2, mendukung flash, mendukung akselerasi GPU.

sumber : electricpig

 

0 comments:

Post a Comment